Selain perkuliahan kelas reguler, beberapa lembaga pendidikan tinggi menyediakan kelas ekstensi. Kelas ekstensi merupakan kelas khusus untuk meningkatkan jenjang pendidikan. Biasanya, kelas ini terbuka untuk lulusan D3 yang tertarik melanjutkan ke S1. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak alumni D3 yang bingung memilih langsung bekerja atau kuliah lagi. Nah, bagi Anda yang bertanya-tanya apakah ekstensi D3 ke S1 sangat dibutuhkan? Yuk, simak keuntungannya di bawah ini.

Keuntungan Melakukan Ekstensi D3 ke S1

Program ekstensi sendiri merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas diri seseorang dengan meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Program ekstensi sendiri bisa dipilih oleh orang yang sedang tidak bekerja ataupun karyawan. Untuk karyawan, biasanya lembaga pendidikan tinggi telah menyediakan kelas khusus dengan jadwal yang lebih fleksibel. Jadi, waktu kuliah dan bekerja nantinya tidak akan bertabrakan.

Saat melakukan kuliah ekstensi, nantinya Anda akan mempelajari mata kuliah yang belum diberikan selama di program D3. Biasanya, mata kuliah yang diberikan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan ataupun kajian mahasiswa dalam lingkup bidang tersebut. Jurusan yang diambil selama program ekstensi bisa disesuaikan (linier) dengan jurusan pada program D3 maupun tidak. Namun, akan lebih baik dan lebih mudah jika mengambil keilmuan yang sejalan.

Ekstensi D3 ke S1
Ekstensi D3 ke S1

Adapun beberapa keuntungan yang ditawarkan ketika melakukan ekstensi pendidikan dari D3 ke S1 yaitu:

  • Meningkatkan Skill

Keuntungan utama yang ditawarkan program ekstensi pendidikan tentu saja meningkatkan skill. Seperti yang telah kita ketahui bahwa alumni D3 dididik untuk setiap terjun langsung dan bekerja di lapangan. Sementara S1 lebih fokus dalam penguasaan teori maupun praktik sehingga bisa menerapkan konsep yang dimiliki dengan baik di dunia kerja.

  • Meningkatkan Jenjang Karir

Dengan skill tingkat S1 yang Anda miliki, maka kemampuan bersaing di dunia kerja pun akan semakin berkembang. Tidak hanya itu, program ekstensi ini juga akan meningkatkan jenjang karir jika saat ini telah menjadi karyawan.

  • Program Ekstensi Lebih Efisien Waktu

Seperti pembahasan sebelumnya, program ekstensi akan memberikan mata kuliah tambahan yang belum diberikan selama kuliah D3. Dengan ini, jumlah mata kuliah pun akan semakin sedikit sehingga lebih efisien waktu. Tidak hanya itu, jadwal kuliah kelas ekstensi juga lebih singkat daripada kelas reguler dengan komposisi pembelajaran yang sama.

  • Bisa Kuliah Sambil Bekerja

Kelas ekstensi umumnya dilakukan pada saat weekend ataupun di malam hari sehingga bisa dilakukan sambil bekerja. Selain efisien waktu, Anda juga tidak akan mendapatkan kesulitan finansial karena memiliki gaji tetap. Namun perlu diperhatikan bahwa kelas karyawan akan membutuhkan managerial waktu yang baik agar tidak mengganggu pekerjaan.

Tempat Kuliah Ekstensi ke S1 Terbaik di Jakarta

Salah satu tempat kuliah ekstensi ke S1 terbaik yang dapat Anda pilih yaitu IDS Digital College. Kampus ini menyediakan program ekstensi untuk jurusan teknologi seperti Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Nantinya, lulusan jurusan ini akan memiliki gelar S.Kom. Program ekstensi ini hanya membutuhkan masa studi 2 tahun, akan tetapi bisa lebih lama tergantung pada mahasiswanya.

Saat ini, IDS Digital College menyediakan 3 peminatan program ekstensi yaitu Mobile Apps & Games Development, Cyber security dan Software Engineering. Di sini, Anda bisa melakukan ekstensi liner dengan jurusan awal ataupun tidak. Jika tidak, maka mahasiswa harus siap mempelajari mata kuliah dasar yang tidak diberikan di kelas.

Demikian tadi infromasi terkait ekstensi D3 ke S1 lengkap dengan rekomendasi kampus terbaiknya. Masih ragu untuk melakukan ekstensi?