Selama ini mungkin banyak diantara Anda yang memilih jurusan hanya karena melihat dari gengsi tanpa memikirkan kemampuan yang sebenarnya. Kedokteran, management hingga teknik memang masih menempati jenis jurusan yang paling banyak diminati oleh calon pelamar, mengesampingkan hal tersebut terkadang ada beberapa yang sering dikucilkan, misalnya adalah pertanian, peternakan, kehutanan hingga kelautan. Tetapi jangan salah karena ternyata jurusan-jurusan inilah yang justru memiliki prospek sangat cerah ke depannya. Tak heran juga jika fakultas unggulan IPB (Institut Pertanian Bogor) pasti selalu ramai diincar oleh calon mahasiswa.

Institut Pertanian Bogor bisa dikatakan merupakan institusi pendidikan terbesar yang menyediakan jurusan-jurusan atau fakultas unggulan di IPB yang berbau pertanian, peternakan, kelautan dan juga kehutanan terbaik, mengingat dari beberapa alumninya adalah orang-orang sukses. Kampus satu ini tawarkan berbagai fakultas dengan beberapa jurusan, diantaranya adalah:

  1. Fakultas pertanian, disini kamu bisa menemukan beberapa jurusan lagi seperti ilmu tanah, agronomi, proteksi tanaman dan yang lainnya.
  2. Fakultas kedokteran hewan, bagi yang memiliki cita-cita untuk menjadi dokter hewan IPB merupakan kampus dengan kedokteran hewan terbaik di Indonesia, mungkin kamu bisa menjadikannya sebagai institusi untuk mengantarkan pada cita-cita tersebut.
  3. Fakultas perikanan dan ilmu kelautan, dibagi lagi ke dalam beberapa jurusan, diantaranya tak hanya untuk memperhatikan kondisi kelautan saja, melainkan juga teknik pengolahan ikan.
  4. Fakultas peternakan, berkaitan dengan bagaimana bisa mendapatkan produksi ternak terbaik dan juga pembuatan pakan ternak berprospek.
  5. Fakultas kehutanan
  6. Fakultas teknologi pertanian, fakultas ini termasuk yang cukup banyak diburu, apalagi untuk jurusan teknologi pangan.
  7. Fakultas MIPA, IPB juga menawarkan jurusan-jurusan ilmu murni seperti matematika dan ilmu pengetahuan alam.
  8. Fakultas ekonomi dan management, fakultas baru dan juga tengah menjadi favorit pelamarnya adalah ekonomi dan management tersebut.
  9. Fakultas ekologi manusia, memiliki 3 jurusan di dalamnya yaitu ilmu keluarga dan konsumen, ilmu gizi dan ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat.

Banyak bukan pilihan fakultas unggulan IPB dan jurusan yang dapat kamu masuki di IPB (Institut Pertanian Bogor).