Pada beberapa kondisi Anda mungkin membutuhkan pinjaman dana yang cepat cair. Kebutuhan akan dana tunai dalam waktu relatif singkat tidak memberi Anda banyak pilihan dalam memilih pinjaman. Kalaupun ada, bunganya cenderung besar dan memberatkan. 

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, berikut adalah jenis pinjaman dana yang cepat cair. Agar kebutuhan dana tunai Anda segera terpenuhi.

pinjaman dana
pinjaman dana

Pinjaman BPKB

Pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau motor adalah jenis pinjaman yang banyak ditawarkan. Biasanya pinjaman ini hanya butuh 24 jam untuk pencairan dana. Lembaga yang menawarkan juga banyak dan tersebar baik di kota besar maupun kecil.

Syaratnya juga biasanya tidak terlalu banyak. Cukup dengan BPKB asli, KTP dan KK Anda sudah bisa mengajukan pinjaman tunai. Hal yang perlu Anda cermati adalah besaran bunga dan jenis cicilan. 

Besar bunga sangat penting karena akan mempengaruhi besarnya cicilan pinjaman Anda per bulannya. Sementara jenis cicilan ada dua jenis: cicilan tetap dan anuitas. Sebaiknya pilih cicilan tetap agar Anda mudah memproyeksikan pengeluaran untuk pembayaran setiap bulan. Cicilan anuitas akan mengalami kenaikan berkala. Di saat inflasi tinggi cicilan ini akan memberatkan Anda.

Gadai Emas 

Gadai emas adalah jenis pinjaman lainnya yang tidak memerlukan waktu lama untuk pencairan. Anda juga tidak perlu khawatir jika emas milik Anda tidak dilengkapi surat. Logam mulia tersebut tetap bisa digadaikan, walau nilai pencairannya pasti tidak sebesar jika memiliki surat.

Gadai emas juga bisa dilunasi kapan saja begitu Anda mendapatkan dana yang cukup untuk membayarnya. Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu khawatir emas Anda akan hilang seperti jika disimpan di rumah. Di rumah gadai, emas Anda akan terjamin aman keberadaannya.

Jika Anda berminat untuk mengajukan pinjaman apapun bentuknya, pastikan lembaga pinjaman yang Anda pilih kompeten dan terpercaya. Salah satunya adalah BFI atau Bussan Auto Finance. BFI telah berpenglaman selama beberapa tahun di bidang pinjaman tunai maupun otomotif.

Proses pengajuan pinjaman dana tidak memakan waktu lama dengan syarat yang mudah. Yang paling penting, lembaga ini resmi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang menyalahi hukum terkait penagihan di kemudian hari.