Yang sudah kita tahu bahwa sertifikat rumah merupakan salah satu agunan yang memiliki daya jual yang tinggi untuk bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Sebab nilai jual rumah memang cenderung lebih tinggi dari pada kendaraan atau aset yang lain yang dapat dijadikan sebagai jaminan.

Hampir seluruh bank bisa mencairkan dana yang konsumtif sebesar 80-90% dari nilai jual agunan, hal ini berkaitan dengan properti yang dimiliki oleh nasabah. Sehingga gadai sertifikat rumah merupakan pilihan yang tepat ketika membutuhkan dana cepat dan juga banyak untuk digunakan sebagai modal usaha.

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Untuk gadai sertifikat rumah tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena perlu diingat bahwa rumah merupakan aset yang paling berharga yang anda miliki. Sebelum melakukan pengajuan kredit anggunan dengan menggadaikan sertifikat tanah ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.

Pertama,anda perlu menentukan nilai pinjaman yang akan anda ajukan ke bank atau lembaga peminjaman. Biasanya pihak kreditur lebih dulu menilai aset rumah yang akan anda ajukan sebagai jaminan. Misalnya aset rumahanda akan dinilai sebesar Rp500 juta. Belum tentu mereka akan dapat mencairkan pinjaman dengan nilai yang sama yaitu Rp 500 Juta. Umumnya pihak kreditur akan dapat memberikan pinjaman maksimal 70% sampai 80% saja dari nilai jaminan tersebut.

Usai mengajukan kredit dengan gadai sertifikat rumah telah disetujui, anda perlu membayar cicilan dengan tepat waktu. Sebab perlu anda ingat bahwa aset yang anda jaminkan merupakan aset yang paling berharga yang anda miliki. Hal ini sangat penting sebab komitmen ini dilakukan supaya sertifikat rumah yang anda jaminkan bisa kembali ke tangan anda. Jangan sampai rumah anda yang sertifikatnya dijaminkan disita pihak bank karena cicilannya tidak dibayarkan dengan semestinya.

Bila anda masih merasa bingung dan mencari bank atau lembaga yang dapat mencairkan dana cepat tanpa proses yang sulit yang bisa menjaminkan sertifikat rumah, BFI Finance merupakan pilihan yang tepat. Sebab, selain terpercaya lembaga multifinance satu ini juga bisa mencairkan dana cepat dengan syarat yang mudah.