Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tak asing dengan kartu kredit. Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank dan berfungsi sebagai pengganti uang. Atau istilah sederhananya adalah rekening pasca bayar. Sehingga Anda bisa menggunakan kartu kredit tersebut sesuai keinginan hati dan setiap akhir bulan Anda wajib membayar tagihan sesuai dengan yang telah digunakan. Kartu kredit bisa menjadi manfaat tetapi juga bisa menjadi bencana keuangan bagi yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Agar pengeluaran tagihan kartu kredit tidak bengkak, ada baiknya Anda membaca cara memanfaatkan kartu kredit berikut ini.

Jika ingin memanfaatkan kartu kredit dengan cerdas, sebaiknya Anda lakukan beberapa tips berikut:

  • Buatlah kartu kredit untuk kepentingan yang penting saja. Jika hanya untuk berbelanja, hal ini sangat tidak disarankan.
  • Jangan menggunakan fasilitas kartu kredit terlalu banyak. Ini bisa menyebabkan tagihan menjadi lebih banyak. Lebih baik gunakan satu kartu kredit tetapi manfaatkan semaksimal mungkin.
  • Disarankan untuk menggunakan kartu kredit dengan limit yang sesuai dengan kemampuan membayar.
  • Gunakan limit kartu kredit dengan bijak dan sebaiknya jangan hanya digunakan untuk berfoya-foya saja. Apalagi hanya digunakan untuk hiburan semata.
  • Hindari pembelanjaan online menggunakan kartu kredit. Meskipun toko online memberikan diskon, hal ini justru membuat Anda menjadi ketagihan berbelanja.

Apabila Anda ingin lebih bijak menggunakan kartu kredit, sebaiknya gunakan kartu ini sebagai sarana bisnis. Cara memanfaatkan penggunaan kartu kredit untuk bisnis juga mudah. Apalagi jika bisnis yang Anda tekuni adalah bisnis online dengan target pasar internasional. Pastilah Anda sangat membutuhkan kartu kredit untuk menampung pendapatan Anda yang berupa dollar. Menguntungkan bukan?

Jika sudah tahu cara memanfaatkan kartu kredit dengan cerdas, tentunya bisa mengubah pandangan Anda mengenai kartu kredit. Kartu kredit yang disangka hanya menguras kantong untuk membayar tagihan, ternyata justru bisa menghasilkan uang apabila dimanfaatkan dengan maksimal. Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Semoga setelah membaca informasi ini Anda bisa lebih hati-hati dalam menggunakan kartu kredit.