Memiliki tubuh yang berotot merupakan kebanggan tersendiri bagi para pria. Dengan tubuh berotot disinyalir dapat memberi tambahan suplemen rasa percaya diri bagi seorang pria saat berhadapan dengan publik terutama terhadap lawan jenisnya wanita. Akan tetapi untuk memiliki tubuh dengan lekukan otot yang gagah dan maskulin tersebut tidaklah mudah untuk didapatkan dimana selain harus teratur latihan beban yang tepat di gym, segmentasi pola makan yang tepat pun harus benar-benar diperhatikan.

Apabila ingin fokus membesarkan otot-ototnya maka seorang pria harus memperhatikan asupan makanan tinggi protein karena protein sendiri merupakan zat penting yang memiliki peran aktif dalam membangun massa otot. Biasanya saat latihan angkat beban di gym, serat otot pun akan ikut terpecah dan dengan rutin memperhatikan asupan protein maka otot yang terpecah selepas latihan beban tersebut akan dapat tergantikan dan terbangun kembali.

Sumber protein yang dapat dikonsumsi untuk membantu membangun massa otot memang banyak jenisnya dan ada baiknya apabila dipertimbangkan terlebih dahulu supaya sumber protein yang dikonsumsi tersebut nantinya benar-benar mendukung pembangunan massa otot.

Sumber protein yang tepat dan baik dikonsumsi untuk membangun massa otot adalah sumber protein yang lengkap dimana mengandung 8 asam amino esensial serta mudah diserap oleh tubuh. Untuk mendapatkan kedua kriteria sumber protein yang tepat untuk membangun massa otot tersebut, para pria yang tengah intens melakukan pemrograman tubuh berotot dapat mendapatkannya melalui makanan-makanan tinggi protein berikut ini :

  1. Ikan Salmon

Salmon baik untuk pertambahan dan pembangunan massa otot karena di dalamnya terkandung protein tinggi serta lemak omega 3. Kandungan omega 3 yang tersimpan dalam ikan salmon sangat baik untuk mengurangi kerusakan otot selepas latihan disamping fungsi lainnya yang tidak kalah penting yaitu dapat mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung.

  1. Telur

Makanan berprotein yang baik untuk membangun massa otot selanjutnya adalah telur. Telur tergolong sumber protein tinggi sehingga memiliki peran yang begitu aktif dalam rangka membantu pertumbuhan otot. Selain kandungan proteinnya yang lengkap dan tinggi dalam telur pun masih terkandung nutrisi lainnya yang tidak kalah penting seperti riboflavin, vitamin B6, vitamin B12, folat, fosfor, dan zat besi.

  1. Yogurt

Untuk membantu memulihkan dan membangun otot, yogurt sangat baik dikonsumsi berkat kandungan serta kombinasi yang tepat antara karbohidrat dengan protein yang tersimpan di dalamnya.

  1. Kacang Almond

Mengapa kacang almond baik untuk membantu pembangunan dan pertumbuhan massa otot? Karena dalam kacang almond ini terkandung alfatokoperol. Alfatokoperol sendiri merupakan bentuk paling baik dari vitamin E yang memiliki khasiat untuk mencegah radikal bebas selepas berlatih sehingga otot dapat lebih cepat pulih dan lebih cepat pula mengalami pertumbuhan.

4 makanan tersebut merupakan sumber makanan berprotein terbaik yang mampu menunjang pembangunan dan pertumbuhan massa otot. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.