Beragam makanan tersedia di muka bumi ini untuk dinikmati dan diambil manfaatnya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,  manfaat maupun bahaya dari makanan -makanan tersebut akhirnya dapat diketahui. Dan pada akhirnya manusia menyadari penyebab utama dari penyakit berbahaya seperti jantung, stroke maupun diabetes adalah paling banyak dari  makanan. Banyak yang karena ketidak tahuannya memilih makanan yang tinggi kadar lemak dan kalorinya sementara dia sudah kelebihan berat badan. Pada akhirnya mereka tahu dan sadar akhirnya memilih makanan rendah kalori sebagai solusi dari masalahnya.  Berikut ini beberapa alasan lain memilih mengkonsumsi tersebut.

Pertama, Ingin memiliki tubuh yang sehat. Makanan yang berkalori tinggi biasanya mengandung lemak tak jenuh. Kalau lemak ini dibiarkan bertumpuk, akan mengakibatkan penyakit jantung karena kerja jantung terganggu oleh timbunan lemak di sekitarnya. Akibatnya sirkulasi darah terganggu, jika ada penyumbatan berpotensi pecah pembuluh darah dan mengakibatkan stroke. Begitu berantai akibat yang ditimbulkan. Maka tidak salah alasan memilih jenis makanan ini supaya tubuhnya lebih sehat,

Kedua, Memiliki berat tubuh ideal. Makanan rendah kalori kaya akan serat seperti kubis, brokoli dan lain-lain akan mengenyangkan dan menahan rasa lapar cukup lama. Sehingga dorongan untuk makan berlebih pun berkurang. Kandungan serat juga akan memudahkan dan melancarkan pencernaan  sehingga metabolisme tubuh pun menjadi lancar. Sehingga berat tubuh bisa tetap ideal.

Ketiga, Masa penyembuhan penyakit. Berbagai macam penyakit seperti diabetes dan jantung memerlukan asupan gizi yang cukup namun bebas lemak. Makanan jenis ini bisa memberikan asupan gizi yang dibutuhkan dan bebas lemak juga.

Keempat, Menurunkan berat tubuh. Obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penderita obesitas rentan terkena penyakit jantung, diabetes melitus, juga stroke. Karena berat tubuh yang berlebih,  aktifitas pun jadi terhambat. Untuk itu cara terbaik adalah harus menurunkan berat badan. Karena rendah kalori dan rendah lemak juga maka jenis makanan ini sangat cocok untuk menurunkan berat tubuh berlebih.

Kelima, Mencegah penyakit yang diakibatkan karena faktor usia. Penyakir ini terjadi seiring menurunnya fungsi tubuh seiring bertambahnya uaia contohnya pada mata. Namun dengan rutin mengkonsumsi makana rendah kalori seperti wortel, kubis, brokoli akan mencegah penyakit ini terjadi.

Itulah alasan-alasan mengapa lebih memilih makanan rendah kalori. Apa alasan anda?