Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencerahkan Kulit – Untuk menjalankan pola hidup sehat, anda bisa mengganti berbagai minuman dengan kandungan kafein yang tinggi dengan minuman sehat rendah kafein yakni teh hijau. Sejak dulu teh hijau dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain kandungan kafein yang rendah, teh hijau mengandung antioksidan alami yang tinggi. Kandungan antioksidan alami dalam teh hijau disebut dengan polifenol katekin. Antioksidan dalam teh hijau 10 kali lebih tinggi dari kandungan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Berikut ini aneka manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan:

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencerahkan Kulit

Pertama, teh hijau dapat mengurangi kadar kolesterol. Teh hijau mengandung tanin yang berfungsi menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin ini dapat berperan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan menimbulkan resiko berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus sehingga dapat mencegah masalah kolesterol. Untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda, konsumsi teh hijau secara rutin dan kurangi berbagai makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Baca juga : MANFAAT TEH HIJAU SARI WANGI UNTUK DIET

Kedua, teh hijau dapat menyehatkan kulit. Antioksidan dalam teh hijau berfungsi menyehatkan kulit. Selain itu teh hijau juga diperkaya sejumlah senyawa yang membantu menjadikan kulit bercahaya. Untuk memperoleh manfaat ini anda dapat mengkonsumsi teh hijau Sariwangi secara rutin. Penggunaan kosmetik berbahan dasar teh hijau juga dapat anda pilih, karena kandungan teh hijau dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari secara langsung. Kandungan polifenolnya bermanfaat memperlambat munculnya tanda penuaan. Anda dapat membuat masker dari teh hijau dengan cara mencampur 100 gram teh hijau dengan setengah liter air, diamkan selama 30-40 menit suhu kamar. Kemudian saring cairan dan simpan dalam lemari es. Gunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah, mengobati ruam ringan dan mengobati bekas luka karena panas matahari. Campuran ini juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Untuk memperoleh manfaat teh hijau sebagai exfoliator, anda dapat mencampur 1 sendok air daun teh hijau dengan 3 sendok teh yoghurt, gunakan untuk memijat wajah, biarkan selama 5 menit. Setelah selesai kemudian cuci dengan air hangat. Zat  Proanthocyanidins oligomer dalam teh hijau berperan sebagai antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan dini.