MENGAPA PERCERAIAN BISA TERJADI DALAM KELUARGA HARMONIS? – Setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki pasangan ideal yang dapat memberikan kebahagiaan kepadanya. Salah satu caranya adalah dengan menikah. Bahkan, banyak orang yang sudah merencanakan pernikahan impian sejak jauh – jaun hari. Ya, membayangkan sebuah pernikahan hingga menciptakan keluarga harmonis adalah sebuah bayangan yang menyenangkan. Namun, apa yang terjadi setelah pernikahan tersebut terjadi?

MENGAPA PERCERAIAN BISA TERJADI DALAM KELUARGA HARMONIS?

Banyak pasangan yang menikah dengan biaya hingga ratusan juta rupiah, banyak pula pasangan yang berbahagia di awal – awal periode pernikahan. Namun, pada akhirnya keluarga harmonis tidak tercipta karena perceraian di depan mata. Hasilnya, apa yang sudah dibangun dengan susah payah pun harus hancur ditengah jalan. Perceraian pun memiliki penyebab yang beragam. Lalu, apa sajakah yang menyebabkan perceraian terjadi?

Baca juga : FASILITAS PENDIDIKAN PENERBANGAN

  1. Suami/istri tidak menunaikan kewajiban – yang dibebankan kepadanya terhadap istri/suami, yang dikarenakan faktor tidak mengerti, lalai, atau karena sengaja lari dari kewajiban.
  2. Suami/istri telah salah memilih pasangan hidup, misalnya suami/istri yang memilih pasangan yang tidak memiliki nilai agama, selalu berbuat maksiat, dsb
  3. Kondisi rumah tangga yang jauh dari suasana religius dan harmonis
  4. Suami/istri yang tidak penyabar. Mungkin, faktor ini terjadi karena kelalaiannya, ataupun ketidaktahuannya tentang watak dasar dan tabiat istri/suami
  5. Kemarahan yang meluap banyak menjadi penyebab suami terlampau cepat menjatuhkan thalak

Nah, itu adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan terjadinya perceraian. Selain dari pada itu, masih ada banyak penyebab lain yang memungkinkan perceraian terjadi. Meskipun demikian, semua hal tersebut sejatinya dikembalikan kepada diri kita masing – masing. Jika kita mampu untuk menangani semua permasalahan rumah tangga yang ada, maka perceraian pun tidak akan terjadi. Sejatinya, pernikahan dilakukan untuk memberikan manfaat dan kebahagiaan. Kehancuran dari sebuah pernikahan datang dari pribadi masing – masing. Oleh karena itu, penting bagi istri dan suami untuk memahami diri satu sama lain.