Saat hendak mengambil asuransi kendaraan, biasanya yang menjadi banyak pertimbangan banyak orang adalah seberapa besar premi tersebut dan nilai pertanggungan apa saja yang bisa diberikan. Jika anda perusahaan asuransi yang memberikan premi murah tapi pertanggungannya tinggi, tentunya produk tersebut akan banyak diburu oleh banyak orang. Namun tentu setiap perusahaan memiliki sistem yang berbeda-beda. Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besarnya premi yang harus dibayarkan.

  1. Jika kendaraan anda dilengkapi dengan berbagai teknologi tinggi seperti antilock brakes, kantong udara, anti maling dan lain sebagainya itu akan mendapatkan diskon premi. Semakin mahalnya harga kendaraan tersebut, maka premi yang harus dibayar pun cukup tinggi.
  2. Berdasarkan data statistika, orang yang berumur di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun lebih memungkinkan untuk mengalami sebuah kecelakaan. Oleh karena itu biaya premi yang harus dikeluarkan pun cukup besar. itu bisa dinilai dari tingkat kematangan seseorang dalam berkendara.
  3. Sebuah lokasi yang mempunyai tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap resiko kecelakaan kendaraan ketika disimpan, akan mempengaruhi besarnya premi yang harus dibayar.
  4. Biasanya pihak asuransi kendaraan akan cross check dulu terhadap riwayat anda berkendara. Jika riwayat tersebut menyebutkan bahwa anda banyak mendapatkan tilang atau sering melakukan klaim ketika anda mempunyai asuransi sebelumnya. tentunya biaya premi yang harus dibayar akan semakin besar.
  5. Mobilitas kendaraan semakin tinggi maka premi pun akan semakin besar dibandingkan dengan kendaraan dengan mobilitas rendah. Pasalnya jika mobilitas kendaraan semakin tinggi maka, resiko kecelakaan pun lebih besar.

Dengan memahami faktor apa saja yang bisa menyebabkan biaya premi mahal, maka anda bisa menentukan harga premi yang tepat untuk anda.