Jika Anda perhatikan dengan seksama bahwa akhir-akhir ini terlihat begitu banyak pedagang batu akik membuka lapaknya di tempat-tempat keramaian. Kios-kios kecil disulap menjadi tempat industri kerajinan batu akik sekaligus menjual berbagai macam jenis batu akik mulai dari jenis batu akik termahal seperti batu akik Bacan, Kalimaya, Pancawarna, hingga jenis batu akik termurah lainnya. Mengapa kami katakan bahwa peluang usaha ini merupakan bisnis paling menguntungkan? Jawabannya adalah tidak adanya indikator yang pasti mengenai harga jual batu akik tersebut.

Faktor lainnya adalah tingginya tingkat permintaan atau terhadap jenis batu mulia ini dikarenakan saat ini terjadi booming atau demam batu akik melanda Indonesia. Sudah menjadi hukum ekonomi dimana apabila permintaan lebih besar daripada penawaran maka harga akan cenderung naik. Beberapa Survey yang banyak ditayangkan oleh televisi swasta menyebutkan bahwa pedagang eceran batu akik di sekitar pasar rawa bening mendapatkan peningkatan omzet penjualan rata-rata hingga dua kali lipat dari biasanya atau lebih kurang 500 ribu hingga 5 juta per hari dan mereka menyatakan bahwa modal yang mereka keluarkan tidak sampai lebih dari separuhnya. Bisnis paling menguntungkan ini sudah terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tapi baru di tahun sekarang bisnis ini benar-benar booming.

Ada hal yang lebih mengherankan dan mencengangkan lagi dimana batu akik bermotif yang menyerupai bentuk sesuatu malah harganya ditawarkan di atas 10 juta hingga 200 juta rupiah, sesuatu hal terasa tidak memungkinkan jika dipikiraan menggunakan akal sehat. Namun fakta di lapangan berbicara lain seorang kolektor berani membayar dengan harga tinggi jika mereka sudah menyenangi suatu jenis akik dengan motif tertentu, dan beberapa dari mereka mengoleksi jenis batu akik tersebut tujuan utamanya hanya untuk mengikuti kontes batu akik yang diselenggarakan di daerah mereka, yang konon jika menjadi pemenang batu akik tersebut pasti akan ditawar dengan harga yang sangat fantastis.

Namun untuk harga normal untuk jenis batu akik tertentu dipatok di kisaran harga 100 ribu sampai dengan 5 juta rupiah, variasi harga disebabkan oleh mutu bahan baku atau motif dari batu akik itu sendiri. Sesuatu hal yang positip dari peristiwa booming batu akik ini adalah ikut terdongkraknya bisnis industri usaha kecil menengah kebawah (UKM). Demikian uraian tentang Peluang Usaha Sampingan Paling Menguntungkan di tahun 2015, semoga artikel ini bisa dijadikan referensi buat Anda.