bisnis

Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Asli, Wajib Diketahui Sebelum Membeli

perhiasan berlian

Berlian merupakan barang berharga yang sangat disukai oleh para kaum hawa, hal ini karena ketika menggunakan perhiasan berlian kaum hawa akan terlihat lebih cantik dan menarik. Namun seperti yang kita tahu bahwa harga perhiasan yang terbuat dari berlian ini terbilang memiliki harga yang cukup tinggi. 

Tak heran kalau kemudian perhiasan berlian sebagai salah satu perhiasan yang digunakan pada moment tertentu untuk menandai berharganya momentum tersebut. Karena berlian ini merupakan perhiasan yang beharga, maka ada baiknya sebelum membeli Anda mengetahui ciri keasliannya.

Berikut ini Beberapa Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Asli

Tidak Mudah Pecah

Seperti yang kita tahu bahwasannya berlian merupakan jenis batu permata yang paling kuat ada didunia. Jadi dalam hal ini tentu saja sudah sepatutnya kalau berlian asli mempunyai kekuatan yang tinggi serta tidak mudah pecah walaupun jatuh dan terbentur benda keras sekalipun. 

Perlu Anad ketahui bahwasannya kekuatan berlian mencapai 10 skala Mohs, Alasan inlah yang membuat orang-orang kemudian menyukai perhiasan berlian. Karena selain indah, berlian juga mempunyai daya tahan yang cukup mumpuni untuk aksesoris sehari-hari. 

Cincin Berlian Asli Tidak Mudah Tergores 

Ini ciri selanjutnya yang membedakan berlian dengan batu lainnya, berlian tidak mudah tergores. Untuk memastikan kalau itu merupakan cincin berlian asli, maka Anda bisa mencoba untuk menggores berliannya dengan menggunakan pisau. Jika tidak terlihat ada goresan, maka itu berarti berlian yang digunakan merupakan berlian asli. Akan tetapi hal tersebut sebaliknya, jika terdapat goresan itu berarti merupakan berlian tersebut palsu.

Bisa Menyerap Panas

Anda bisa melakukan pengetesan berlian asli dengan cara memanaskannya menggunakan api. Perlu diingat bahwa berlian asli bisa menyerap panas, sehingga pada saat Anda panaskan dengan api berlian akan tetap dingin. Jika berlian yang Anda panaskan tersebut meleleh, itu artinya berlian tersebut palsu. 

Memiliki Bentuk Yang Tidak Beraturan

Banyak dari para ahli dalam bidang perhiasan mengatakan kalau berlian yang asli memililiki bentuk yang tidak beraturan. Maka dari itulah jika itu merupakan berlian asli Anda akan kesulitan untuk melihat bagian dalamnya. Namun itu sebaliknya, jika berlian imitasi mmaka biasanya mempunyai bentuk yang sangat rapi dan terlihat transparan. 

Dapat Memantulkan Cahaya

Seperti yang kita tahu bahwasannya sifat berlian bisa memantulka atau bisa merefleksikan cahaya. Pada saat sinar cahaya memasuki berlian, biasanya akan mengenai pada bagian bawah permukaannya kemudian memantul Kembali pada permukaan dan keluar dari sisi yang lain karena adanya kemiringan bentuknya. Maka dari itu biasanya berlian akan berkilau ketika terkena pancaran cahaya. 

Tidak Mengambang di Air

Selain mempunyai tingkat daya tahan yang cukup tinggi berlian juga mempunyai kepadatan yang cukup tinggi juga. Hal tersebut bisa Anda buktikan dengan cara menjatuhkan berlian kedalam segelas air. Dalam hal ini biasanya berlian asli akan tenggelam ke bagian dasar gelas, kemudian jika itu berlian palsu biasanya akan mengapung pada bagian permukaan maupun mengambang berada di dalam air. 

Tidak Berkabut

Caranya bagaimana mengecek berkabut atau tidak? Tentu saja sangat mudah, Anda bisa menghembuskan udara dari mulut kemudian Anda cek reaksinya. Jika dalam hal ini muncul kabut tipis yang langsung hilang, berarti itu merupakan berlian asli. 

Nah itulah beberapa cara melakuan pengecekan terhadap perhiasan berlian asli atau tidak, tentu saja bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Untuk mendapatkan berlian yang keasliannya sudah terpercaya, maka Anda bisa langsung mengunjungi The Palace Jeweler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *