resep sate kambing melayu
Makanan

Keunikan Resep Sate Kambing Melayu Khas Kalimantan Barat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman, termasuk keberagaman kuliner. Meskipun beberapa makanan khasnya terlihat sama, namun sebenarnya memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk sate kambing Melayu yang populer di Kalimantan Barat. Tidak hanya kambing saja, sate ini juga bisa terbuat dari daging ayam maupun sapi. Berikut ini adalah ciri khas resep sate kambing melayu khas Kalimantan Barat:

Menggunakan Jeruk Kit Kia Khas Pontianak

Sate Melayu berbeda dari sate-sate lainnya karena ada bumbu berbeda yang digunakan. Salah satu bumbu rahasia tersebut adalah jeruk kit kia khas Pontianak. Selain dikenal sebagai jeruk kit kia, jeruk ini juga dikenal dengan nama sonkit yang tumbuh di provinsi Kalimantan Barat. Cara menggunakannya sama seperti ketika menggunakan jeruk nipis yaitu diperas di atas sate.

Bumbu Medok Khas Melayu

Selain jeruk kit kat khas Pontianak, sate Melayu juga memiliki bumbu yang medok karena rempah-rempah yang digunakan. Proses pembuatan sate yaitu ditusuk lalu direndam menggunakan bumbu rempah tersebut. Bumbunya kental dan banyak rempahnya, salah satunya kunyit. Kalimantan Barat memang terkenal dengan makanan yang kaya akan rempah-rempah.

resep sate kambing melayu
resep sate kambing melayu

Menggunakan Kuah Kaldu

Keunikan sate Melayu selanjutnya yaitu adanya kuah kaldu pada penyajiannya. Kuah tersebut menggunakan kaldu daging sate, kayu manis, dan bunga pekak. Anda bisa mencium aroma lezat pada kuah ini. Terkadang akan ada tambahan sayur dan ketupat untuk menyempurnakan rasa. Saat penyajiannya inilah jeruk kit kia diperas sehingga kuah kaldu semakin segar. Jika tidak ingin menggunakan ketupat, Anda bisa menggantinya dengan lontong ataupun nasi.

Itulah keunikan resep sate kambing Melayu khas provinsi Kalimantan Barat yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menambahkan menu ini sebagai menu baru di restoran atau rumah makan yang sedang dirintis. Jika membutuhkan menu dan inspirasi lainnya, langsung saja bergabung dengan Unilever Food Solutions atau UFS. 

Melalui UFS, Anda bisa belajar seputar bisnis kuliner serta mendapatkan supplier untuk bumbu dan bahan. Memulai dan mengembangkan bisnis bukan hal yang mudah, jadi Anda harus belajar dengan baik. Langsung saja kunjungi www.unileverfoodsolutions.co.id jika ingin mendapatkan informasi lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.