Saat kehamilan adalah waktu yang sulit bagi wanita, sebab harus benar-benar menjaga kesehatan diri sendiri dan janin. Apa lagi saat hamil muda, ibu hamil harus menghindari kerja terlalu berat serta menjaga pola makan dan makanan yang dimakan nya. Dan perlu diketahui ada beberapa makanan yang kurang baik untuk wanita yang sedang mengandung dan sebaiknya dihindari.

Pertumbuhan janin yang dikandung sangat tergantung dengan makanan yang dikonsumsi selama kehamilan. Jadi berhati-hati dan belajar untuk membedakan makanan yang baik dimakan dan yang kurang baik. Berikut beberapa makanan yang kurang baik di konsumsi oleh ibu hamil :

  1. Produk susu yang tidak dipasteurisasi

Semua produk susu yang tidak dipasteurisasi harus dihindari selama masa kehamilan, sebab produk tersebut mengandung jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Keju juga harus dihindari karena membawa bakteri listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

  1. Telur setengah matang

Saat anda sedang hamil memang sangat membutuhkan makanan yang mengandung protein tinggi, dan telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein. Namun hindari mengkonsumsi telur yang dimasak setengah matang karena mengandung bakteri yang dapat membahayakan janin. Hindari juga saus mayones karena mengandung telur mentah.

  1. Daging setengah matang

Olahan daging seperti coliform, toksoplasmosis dan salmonella yang dimasak setengah matang ini sangat beresiko untuk wanita hamil. Karena bakteri dalam daging yang dimaska setengah matang tidak benar-benar mati dan itu beresiko untuk kehamilan, hindari juga memakan hati ternak selama kehamilan.

  1. Cafein

Mengkonsumsi cafein selama kehamilan ini menjadi perdebatan bagi beberapa ahli kesehatan, sebagian ada yang mengatakan aman dan sebahagian lain ada yang menyatakan menimbulkan keguguran. Jadi sebaiknya kita jangan mengambil resiko, lebih baik hindari minuman yang mengandung cafein. Lebih baik konsumsi minuman jus segar buah-buahan.

  1. Alkohol

Ini benar-benar harus dihindari karena sangat berbahaya untuk janin serta anda, apalagi jika anda muslim haram hukumnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol resiko yang paling besar adalah keguguran yang dapat ditimbulkan oleh alkohol.

Untuk menjaga supaya janin dan ibu hamil tetap sehat selama kehamilan maka hindari makanan-makanan tersebut, semoga tips ini bermanfaat.