Entah itu untuk keperluan modal bisnis, ataupun untuk berbagai keperluan lainnya, melakukan pinjaman dana tunai ke Bank atau ke lembaga keuangan lainnya, nyatanya tidak semudah yang dikira. Karena sejatinya, untuk mengajukan pinjaman uang tersebut, memerlukan berbagai macam cara dan juga persayaratan yang harus dilengkapi. 

Namun sebelum anda mau mengajukan pinjaman dana tunai ke Bank ataupun ke lembaga lainnya, setidaknya anda harus mengetahui jenis pinjaman uang yang bisa anda ajukan. Penasaran apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

  1. Pinjaman dengan agunan

Jenis pinjaman dana tunai yang pertama, anda bisa mengajukan produk pinjaman dengan agunan. Seperti namanya, pinjaman dengan agunan ini tentu memerlukan agunan atau jaminan yang harus anda berikan kepada Bank yang ingin anda tuju. 

pinjaman dana tunai

Untuk jenis agunan atau jaminannya sendiri, bisa dikatakan cukup beragam. Seperti diantaranya ada bpkb kendaraan, sertifikat rumah, obligasi, surat deposito, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Untuk limit pinjamannya sendiri, maka bisa berdasarkan dari nilai agunan atau jaminan yang anda berikan ke Bank. Seperti misalnya anda menjaminkan bpkb kendaran bermotor, maka limit pinjaman dana yang bisa diberikan tidak kurang lebih dari nilai jual dari kendaraan bermotor itu sendiri, pada saat ini. Kalaupun anda menginginkan limit pinjaman dana yang lebih besar, maka anda bisa menjaminkan sertifikat rumah anda. 

  1. KTA atau Kredit Tanpa Agunan

Selanjutnya ada produk Kredit Tanpa Agunan atau sering dikenal dengan isitilah KTA yang bisa anda ajukan ke pihak Bank. Yang mana jenis produk pinjaman yang satu ini, tidak memerlukan agunan atau jaminan, untuk mulai mengajukan kredit pinjaman uang ke Bank.

Dengan demikian, bisa dikatakan jenis pinjaman yang satu ini, menjadi salah satu produk pinjaman favorit para nasabah bank, karena tidak memiliki kerumitan seperti halnya meminjam uang dengan jaminan atau agunan yang harus diberikan kepada pihak Bank.

Namun kurangnya dari produk pinjaman yang satu ini, adalah untuk limit pinjaman uangnya tidak bisa besar seperti halnya pinjaman beragunan.