Setelah usia 2 tahun, banyak orangtua menghentikan pemberian ASI untuk anak-anaknya. Namun, kebiasaan minum susu tentu tidak harus berakhir di sini. Biasanya, banyak orang tua memberikan susu UHT sebagai pengganti ASI karena kandungan susu UHT kaya akan nutrisi yang dibutuhkan selama masa perkembangan dan pertumbuhan anak.

Selain kandungan susu UHT yang begitu padat, susu jenis ini kerap digemari anak-anak karena rasanya yang enak. Susu ini juga mudah ditemukan di mana saja, karena sudah dikemas dengan praktis.

Manfaat dari Kandungan Susu UHT

UHT atau ultra-high temperature adalah susu yang telah melewati proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi. Kisaran suhu pada saat pemanasan antara 140 – 150 derajat dan dilakukan selama kurang lebih 2 jam sebelum dikemas.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat mengkonsumsi susu jenis ini. Beberapa diantaranya yakni:

kandungan susu UHT
kandungan susu UHT

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu UHT memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga bagus untuk penyusunan tulang dan gigi.

Pada usia 2 tahun ke atas, pertumbuhan tulang anak demikian pesat, sehingga susu UHT sangat menunjang prosesnya. Selain itu, kalsium yang terkandung di dalamnya juga mampu meningkatkan kinerja otot tubuh. 

Sehingga, untuk usia anak 1 -3 tahun, yang mana kebutuhan kalsiumnya setiap hari adalah 500 mg, dengan mengkonsumsi susu UHT saja, 300 mg kebutuhannya telah terpenuhi. Sisanya, bunda bisa menambahkannya dari bahan makanan lain seperti keju, ikan teri, yogurt dan sebagainya.

Menunjang tumbuh kembang anak

Selama masa tumbuh kembang anak, kandungan gizi yang tidak boleh terlewat setiap hari adalah protein. Karena sangat berperan penting dalam pertumbuhan otot, metabolisme dan daya tahan tubuh.

Umumnya, susu UHT mengandung 8 mg dalam setiap takaran sajiannya. Sedangkan, kebutuhan protein anak setiap hari adalah 12 mg. Jumlah ini, cukup untuk membantu anak mendapatkan protein yang dibutuhkannya.

Sumber energi

Selain karbohidrat, lemak juga dibutuhkan sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas anak. Kedua kandungan ini bisa Anda temukan dalam segelas susu UHT untuk pemenuhan gizinya.

Perkembangan otak

Dalam UHT terdapat kandungan yang tinggi akan lemak. Ini sangat membantu perkembangan otak anak di masa tumbuh kembangnya.

Penyerapan vitamin

Beberapa vitamin membutuhkan lemak agar mudah diserap oleh tubuh. Beberapa vitamin tersebut adalah vitamin A, D, E dan K.

Sehingga, dengan memberikan anak susu UHT yang mengandung lemak tinggi, akan sangat membantu penyerapan vitamin untuk tubuh mereka.

Dengan kebutuhan nutrisi yang tinggi selama masa tumbuh kembang anak, memberikan susu UHT adalah hal tepat setelah ASI terputus. Susu juga menjadi pelengkap kebutuhan gizi anak untuk aktivitasnya setiap hari.

Selain kandungan susu UHT di atas, susu jenis ini kaya akan zinc, selenium, vitamin A,B dan D, serta fosfor. Untuk susu UHT terbaik dengan formulasi yang tepat, Anda bisa mempercayai Dancow GUM yang telah banyak dipercaya banyak sejak berpuluh tahun lalu.