Salah satu saran yang sering disampaikan oleh para ahli keuangan dalam memilih jenis perlindungan atau dalam hal ini asuransi adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Adapun maksudnya disini adalah memastikan jika premi, manfaat serta sistem yang ditawarkan benar benar sesuai dengan keinginan. Misalnya saja sistem yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara asuransi apakah memberi manfaat atau malah sebaliknya. Seperti halnya asuransi kesehatan Syariah yang memang berbasis Syariat Islam dimana prinsipnya adalah saling berbagi atau tolong menolong antara sesama peserta.

Tentu, jika dilihat dari sistem atau basis yang digunakan pasti berbeda dengan kebanyakan jenis asuransi pada umumnya. Dimana masing masing peserta menanggung biaya premi yang dikenakan tanpa adanya bantuan dari pihak lain. Maka tidak heran, jika jenis asuransi umum ini premi yang dibebankan cukup tinggi dibandingkan dengan asuransi Syariah. Meski demikian, tidak usah khawatir karena manfaat yang ditawarkan juga sama yaitu memberi perlindungan terhadap sesuatu yang bisa saja terjadi.

asuransi kesehatan syariah
asuransi kesehatan syariah

Nah, salah satu penyelenggara asuransi kesehatan yang berbasis Syariah adalah Bank Danamon. Melalui program Proteksi Prima Amanah mereka menawarkan kepada seluruh nasabah maupun masyarakat umum untuk bergabung menjadi peserta. Adapun syaratnya sendiri sangat mudah yaitu mengisi beberapa data yang diperlukan tanpa harus melalui proses pengecekan kesehatan. Tentu, sistem ini berbeda dengan jenis asuransi kesehatan pada umumnya.

Untuk biaya premi yang ditetapkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan termasuk masa atau waktu perlindungan diberikan. Anda bebas memilih jangka waktu yang sesuai dengan keinginan mulai dari 10 hingga 15 tahun. Nantinya, dana yang tersimpan dan keanggotaan masih aktif bisa dikembalikan kepada nasabah. Nah, hal inilah yang membuat produk asuransi kesehatan Syariah dari Bank Danamon berbeda dengan jenis produk asuransi lainnya.

Bagaimana, sudah memahami perbedaan keduanya? Intinya, memberikan perlindungan bagi keluarga adalah satu hal yang memang sangat disarankan. Hal ini penting mengingat kejadian yang bisa saja terjadi terlebih pada kepala rumah tangga. Dan asuransi kesehatan Syariah dari Bank Danamon adalah solusinya.