Kehadiran BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghadirkan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Saat ini BPJS Kesehatan dibagi menjadi tiga kelas yaitu Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Pemerintah juga memberikan BPJS Kesehatan Kelas III secara gratis kepada masyarakat miskin. Sedangkan masyarakat lainnya harus bayar tagihan BPJS setiap bulan tepat waktu sesuai tanggalnya agar bisa menjadi peserta aktif.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan apabila membayar tagihan BPJS secara rutin. Hal ini perlu Anda ketahui agar Anda bisa lebih rajin lagi membayar tagihan meskipun merasa tidak digunakan. Langsung saja, berikut ini adalah manfaatnya:

Tagihan BPJS Lebih Terjangkau

Bayar tagihan bpjs
Bayar tagihan bpjs

Tagihan yang dibebankan kepada peserta disesuaikan dengan kelas yang dipilih oleh peserta. Namun dibandingkan asuransi lainnya, BPJS Kesehatan dari pemerintah tentu saja jauh lebih terjangkau. Dengan tagihan yang terjangkau ini, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membayar tagihan setiap bulannya. Tagihan paling tinggi adalah kelas I yaitu sebesar Rp 150.000, lalu kelas II yaitu sebesar Rp 100.000, dan kelas III yaitu sebesar Rp 42.000 dengan bantuan Rp 7.000.

Tidak Perlu Medical Check Up Saat Mendaftar BPJS

Proses pendaftaran BPJS Kesehatan sangat mudah. Pasalnya Anda tidak perlu melakukan medical check up untuk mendaftar sebagai peserta. Hal ini tentu saja berbeda dengan asuransi kesehatan lainnya yang mengharuskan peserta untuk medical check up sebelum mendaftar. Tujuan tidak adanya medical check up agar masyarakat Indonesia dari semua kalangan bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dengan mudah.

BPJS Menanggung Banyak Sekali Penyakit

Bayar tagihan BPJS secara rutin memberikan manfaat penting apabila sewaktu-waktu mengalami masalah kesehatan. Jaminan kesehatan dari pemerintah ini menanggung hampir semua jenis penyakit. Oleh sebab itu, Anda akan merasa lebih aman dan lega karena tidak perlu memusingkan biaya saat sakit. Meskipun begitu, Anda tetap perlu mengetahui apa saja penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS.

Menjadi Proteksi Kesehatan Seumur Hidup

Kesehatan sangat mahal harganya. Semua orang pasti ingin selalu sehat. Namun sayangnya sakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Meskipun saat ini Anda sehat, bukan berarti hal tersebut sebuah jaminan bahwa Anda akan sehat terus. BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan seumur hidup yang membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya saat sakit.

Membantu Orang Lain

Anda sepatutnya merasa bersyukur jika kartu BPJS yang Anda daftarkan tidak pernah dipakai. Pasalnya itu berarti Anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Meskipun tidak pernah dipakai, namun Anda tetap harus membayar tagihan secara rutin. Dengan membayar tagihan secara rutin maka Anda membantu banyak orang yang sedang sakit.

Rutin Bayar Tagihan Melalui Bank Sinarmas

Demi memudahkan para nasabahnya, salah satu bank terbaik di Indonesia yaitu Bank Sinarmas menerima pembayaran BPJS Kesehatan. Ada beberapa channel yang bisa Anda manfaatkan yaitu Internet Banking, ATM, Teller, dan Mobile Banking. Bayar tagihan BPJS di Bank Sinarmas juga relatif terjangkau karena Anda hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp 2.500. 

Berikut ini adalah cara membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui mobile banking atau SimobiPlus:

  1. Masuk ke aplikasi SimobiPlus dan pilih menu Pembayaran/Pembelian
  2. Pilih kategori Layanan Umum
  3. Isi field yang diminta dengan benar
  4. Proses selesai, tagihan Anda telah dibayarkan.

Sangat mudah bukan bayar tagihan BPJS Kesehatan melalui Bank Sinarmas? Jika sedang masa promo, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik. Setelah membayar tagihan tepat waktu Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari BPJS Kesehatan. Ingatlah bahwa kesehatan merupakan hal paling penting sehingga Anda membutuhkan proteksi seperti BPJS Kesehatan. Jangan sampai kartu tidak aktif ketika sedang dibutuhkan.