Pertumbuhan teknologi informasi di dunia semakin cepat, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja ahli di bidang ini. Hal ini pula yang memicu banyak calon mahasiswa yang memilih kuliah di jurusan teknik informatika. Bahkan jurusan kedokteran pun tergusur popularitas karena teknik informatika lebih banyak diminati.

Apa yang Dimaksud Dengan Jurusan Teknik Informatika? 

Jurusan teknik informatika adalah jurusan yang mengajarkan gabungan dari matematika dan logika komputer. Ilmu ini nantinya akan diterapkan dalam pembuatan, pengembangan serta pengujian software. Tidak hanya itu, bisa juga digunakan untuk aplikasi, sistem operasi, dan cara kerja komputer.

Bagi Anda yang tertarik dengan teknologi, mengambil jurusan ini adalah pilihan yang tepat. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam melakukan analisis secara seksama. Sedang pemahaman akan bahasa pemograman dan rekayasa informatika dapat dipelajari semasa pembelajaran.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Teknik Informatika?

Pelajaran yang diajarkan biasanya mengenai algoritma, pemograman, coding, kryptografi serta yang lain. Selama kuliah di teknik informatika, Anda akan banyak berkutat dengan pemograman dan teknologi informasi komputer. Bisa juga dengan belajar menerjemahkan sebuah ide lalu mengembangkannya lagi menjadi bentuk digital.

Pembelajaran nantinya akan banyak membahas logika dan matematika sebagai dasar. Anda yang menyukai keilmuan dalam bidang ini tentu tidak ada masalah berarti. Namun jika kurang akrab dengan matematika, masih belum terlambat untuk mempelajarinya. Hal paling penting adalah keuletan dan ketelitian ketika memulai kuliah di jurusan tersebut.

Alasan Memilih Teknik Informatika

Setiap tahunnya peminat jurusan ini semakin bertambah, sehingga persaingan untuk bisa lolos juga sangat ketat. Kebanyakan peminat jurusan ini adalah anak IPA. Namun tidak berarti anak IPS tidak bisa masuk ke teknik informatika. Selama bisa mengikuti tes masuk dan berhasil lolos, maka siapa pun bisa kuliah di jurusan informatika ini.

Ada banyak kampus yang membuka program teknik informatika. Meski begitu, Anda masih bisa memilih kampus mana saja yang terbaik untuk tempat Anda kuliah. Salah satu kampus terbaik adalah IDS Digital College yang terletak di Jakarta Selatan. Kampus tersebut menjalin kerja sama dengan PSG ndiaCollege of Technology, India.

Kebanyakan lulusan teknik informatika akan bekerja di perusahaan sebagai Programmer atau software developer. Gaji yang ditawarkan bagi mereka pada permulaan adalah 5 juta sebulan. Namun jumlah itu masih akan terus bertambah sesuai dengan pengalaman yang dimiliki. 

Prospek Karir Lulusan Teknik Informatika 

Kebanyakan perusahaan sekarang ini sudah beralih ke teknologi digital. Oleh sebab itu lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan kehadirannya. Gaji yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Bahkan bagi yang baru lulus dari universitas. Berikut karir yang biasa dijalani oleh lulusan teknik informatika. 

Programmer 

Programmer merupakan pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh anak teknik informatika. Gaji seorang Programmer Junior biasanya senilai 5 juta sampai 10 juta. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan Programmer ini, karena memang hampir semua kini perusahaan sudah beralih ke digital. 

Software Enginer 

Software Enginer bertugas sebagai perancang sebuah model perangkat lunak yang akan dikembangkan untuk kepentingan perusahaan. Tidak hanya merancang, namun juga merawat sistem tersebut agar terus berjalan lancar. Gaji yang ditawarkan kepada profesi software enginer adalah 10 juta tiap bulan. 

Demikian penjelasan tentang apa itu jurusan teknik informatika dan pilihan karir yang menanti. Selain bekerja di perusahaan, Anda juga dapat memilih bekerja sendiri sebagai freelance. Hasil yang diperoleh kadang jauh lebih besar dari gaji perusahaan.