Memilih mainan edukatif bagi perkembangan anak merupakan cara yang jitu. Dari sekian banyak permainan, tidak banyak permainan yang tepat bagi anak anda. Dengan 4 tips ini, pemilihan permainan anak anda akan menjadi lebih mudah.

Mainan edukasi merupakan salah satu cara yang sangat efektif dan  efisien dalam melatih kemampuan anak. Permainan ini sangatlah banyak macamnya, tetapi tidak banyak permainan yang tepat diberikan pada anak. Untuk itu, perlulah anda memperhatikan 4 hal ini saat hendak menentukan permainan bagi si kecil.

  1. Pastikan permainan sesuai dengan kemampuan. Saat anda memainkan permainan yang edukatif bagi anak anda, kadangkala anda terlalu bersemangat dan lupa akan kemampuan anak. Sehingga permainan yang dilakukan pun terlalu berat bagi anak. Pastikan anda tahu kondisi dan perkembangan anak, sehingga anda pun tidak memberikan permainan yang terlalu berat juga tidak terlalu ringan.
  2. Pilihlah permainan yang paling menarik. Banyak permainan yang bisa anda pergunakan sbagai cara untuk melatih kemampuan anak anda. Dari sekian banyak permainan tersebut, pastikan agar permainan tersebut disukai juga oleh anak dan mampu membuat anak ceria.
  3. Pastikan permainannya sesuai untuk daya perkembangan usia anak. Salah satu hal yang paling penting untuk menentukan permainan yang tepat yang bisa diterapkan pada anak dengan melihat usia anak. Para ahli sudah banyak mengelompokan umur pertumbuhan yang terdiri dari banyak fase. Untuk itu, kemampuan anda tentang cara mengetahui pengelompokan ini akan diuji saat menentukan permainan bagi si kecil
  4. Jagalah ambisi anda. Saat anda melatih kemampuan anak dengan memberikannya permainan, jangan sampai ambisi anda ikut hadir disana. Memang, setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi yang terbaik. Tapi, banyak hal dengan keinginan tersebut, anak merasa tertekan karena seringkali orang tua memberikan permainan atau hal-hal lain yang diluar batas kemampuannya. Bahkan, banyak permainan yang anak tidak senang melakukannya, tapi orang tua keukeuh melakukannya karena beralasan untuk kebaikannya. Hal demikian mestilah anda pahami. Pastikan anda bisa membedakan antara harapan dengan ambisi.

Dari keempat hal di atas, diharapkan anda mampu menentukan mainan edukasi secara tepat. Pastikan anda bisa membedakan pikiran dan kasih sayang pada anak anda. Sehingga antara pikiran dan kasih sayang, akan saling mengontrol satu sama lainnya.