Penggunaan Facebook Ads sebagai salah satu internet marketing yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini bukan sesuatu yang baru. Mampu menjangkau target lebih cepat dan lebih banyak namun dengan biaya yang terjangkau merupakan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan jasa Facebook Ads. Namun, jika pengaturan dan optimasi tidak dilakukan dengan tepat, maka biaya yang Anda keluarkan akan bertambah dan iklan tidak akan mengenai sasaran seperti yang Anda harapkan. Terdapat beberapa cara untuk optimasi iklan Facebook.

Pertama adalah pilih jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jasa layanan Facebook Ads menyediakan kategori yang sesuai dengan jenis iklan yang hendak dipilih. Kategori yang dapat dipilih yaitu page likes, page post engagement, clock to web, apps atau event, website conversion. sedangkan untuk pengaturan iklan terdapat 3 jenis layanan yaitu :

  • Get more pages like yang berisi judul, gambar dan teks untuk iklan yang dibuat oleh pengiklan.
  • Promote page post merupakan pilihan untuk menampilkan salah satu dari postingan terbaru yang ada di halaman fan page.
  • Advice option memungkinkan pengiklan memilih iklan yang akan dipromosikan dengan harga yang ingin dibayarkan dengan melalui iklan.

Anda juga harus menentukan target yang tepat. Dengan penentuan target yang tepat, iklan yang dipasang akan lebih tepat sasaran. Anda dapat memilih target berdasarkan pada jenis barang atau acara yang Anda iklankan, misalnya berdasarkan pada jenis kelamin, umur, minat, tempat tinggal, pendidikan. Jangan lupa untuk melakukan cek landing page iklan dan memasang tracking landing page sehingga Anda dapat mengetahui apakah iklan yang Anda pasang tersebut efektif atau tidak.

Cara lainnya untuk optimasi jasa Facebook Ads yaitu :

  • Menggunakan sponsored story untuk mendapatkan trafik.
  • Mengetes dengan CPM atau CPC sehingga Anda dapat menentukan cara pembayaran sesuai dengan iklan yang Anda pasang.
  • Mengecek performa iklan yang dipasang untuk mendapatkan CTR atau click through rate yang tinggi.
  • Menggunakan image dan teks yang jelas yang dapat menimbulkan action.