Makan dengan menu diet yang seimbang adalah yang paling utama, ada makanan tertentu yang dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula tetap sehat. Kopi dan katu manis sudah diketahui dapat membantu mengurangi resiko diabetes atau membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat. Penderita diabetes wajib menjaga makanan untuk gula darah anda supaya tetap sehat. Sangat penting bagi penderita diabetes tersebut menjaga makanannya dan berolahraga untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Beberapa makanan seperti roti dapat diubah langsung menjadi gula darah menyebabkan lonjakan gula darah sangat drastis, makanan lain seperti nasi merah dicerna lebih lambat sehingga gula darah berubah secara perlahan.

Berikut ini beberapa makanan untuk gula darah supaya kondisi gula darah tetap stabil, yaitu :

1. Oats atau gandum
Oats termasuk karbohidrat. Namun oats mempunyai karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis. Karbohidrat yang berkualitas tinggi ini memberikan sumber energi yang lebih stabil dan juga membantu dalam menurunkan berat badan. Serat yang larut dalam makanan ini menjaga kita untuk tetap kenyang lebih lama. Hal ini sangatlah penting bagi penderita diabetes yang cenderung mengalami obesitas dan pada saat berat badan berkurang, penderita diabetes dapat lebih baik menjaga gula darahnya.

2. Brokoli, bayam dan kacang hijau
Tambahkan banyak sayur-sayuran tidak bertepung ke dalam menu anda seperti Brokoli, Bayam dan kacang hijau. Makanan ini mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat, sehingga ideal bagi penderita diabetes. Sebaliknya, sayuran yang mengandung tepung seperti kentang, kentang manis, jagung juga tidak perlu disingkirkan dalam menu diet anda. Hanya saja porsinya harus disesuaikan karena tipe makanan ini membuat kadar gula darah anda melonjak dengan cepat. Bahwa pola makan vegetarian rendah lemak dapat membantu penderita diabetes yang mengikuti menu ini mengalami penurunan dalam kebutuhan konsumsi obat.

3. Strawberry
Beberapa Penderita diabetes menjauhi strawberry karena dianggap rasanya manis. Namun, dengan porsi yang tepat strawberry tidak akan membuat kadar gula melonjak terlalu jauh. Strawberry jauh lebih baik ketimbang biskuit atau permen. Strawberry memiliki tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yang tinggi sehingga meninggalkan rasa kenyang lebih lama.
4. Salmon dan daging tanpa lemak
Daging yang tinggi kandungan protein, tidak berpengaruh banyak terhadap kadar gula darah sebagaimana karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk menu diabetes. Salmon terutama pilihan yang baik karena mengandung Omega-3 yang sehat untuk jantung. Daging juga merupakan sumber chromium, mineral yang membantu insulin untuk bekerja dengan benar dan membantu tubuh untuk mencerna karbohidrat.
5. Minuman berkarbonasi
Jika anda mencoba untuk menghindari kebiasaan minum minuman berkadar gula tinggi atau bosan dengan minuman yang sama setiap harinya, boleh mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Minuman ini memiliki variasi rasa. Banyak dari minuman ini tidak mengandung karbohidrat atau kalori, jadi mereka tidak hanya baik untuk kadar gula darah tapi juga untuk menurunkan berat badan.
6. Kayu manis
Kayu manis sudah lama diketahui sebagai bumbu yang memiliki efek yang sama seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes. Sebuah studi di Jerman menemukan group yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis 3x sehari selama 4 bulan mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 10.3%