Mendidik dan membesarkan anak, tentunya tidak semudah apa yang dibayangkan, apalagi kalau mental kita sebagai orang tua belum siap, maka habislah kesempatan kita untuk mendidik anak secara baik dan benar. Untuk itu dancow parenting pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara mendidik anak agar memiliki karakter yang positif. 

Tanpa berlama-lama lagi, dancow parenting menyajikannya sebagai berikut untuk anda.

  • Jadi contoh yang baik bagi anak

Menjadi contoh atau panutan yang baik bagi anak, tentunya menjadi salah satu syarat wajib bagi anda selaku orang tua. Karena sejatinya anak anda akan meniru apa yang anda lakukan selaku orang tuanya.

Sebagai contoh yang paling mudah, anda bisa mencontohkan tentang bagaimana berperilaku santun terhadap orang lain, suka membantu tanpa berharap imbalan, atau simpelnya bisa selalu berbicara jujur kepada anak anda.

Kalaupun ingin menunjukkan tentang nilai hidup sehat, maka anda bisa mencontohkan untuk selalu buang sampah pada tempatnya, menggosok gigi sebelum tidur, rutin mengonsumsi sayur-sayuran, dan masih banyak lagi yang lainnya.   

dancow parenting
dancow parenting
  • Selalu meluangkan waktu untuk anak di setiap hari

Anak yang sering berkelakuan buruk biasanya itu adalah pertanda bahwa ia sedang berusaha mendapatkan perhatian dari anda selaku orang tuanya. Dengan demikian, selalu luangkan waktu anda walau hari anda begitu sibuk di setiap harinya. 

  • Hindari pola asuh yang memanjakan anak

Anak yang terlalu manja tentunya tidak akan baik ketika ia akan beranjak dewasa kelak. Dengan demikian, kini sudah saatnya anda memberikannya pelajaran agar ia bisa tumbuh tidak menjadi seorang yang manja. Karena dengan mendisiplinkan anak semenjak dini ini, bisa menjadi salah satu cara membentuk karakter yang positif terhadap anak anda di masa depan. 

  • Selalu konsisten dalam menerapkan pola asuh anak

Dengan selalu konsisten dalam penerapan pola asuh anak, tentunya si anak akan lebih mudah terarah dan dapat membedakan mana yang baik dan buruk untuk dilakukan. Sebagai contoh kecil saja, sahabat dancow parenting bisa mencoba untuk menerapkan peraturan dirumah disertai dengan alasannya.

Seperti misalkan menggunakan gadget tidak secara berlebihan, menonton tv terlalu malam, dilarang berkata-kata kasar, dan masih banyak lagi yang lainnya.