Adanya ketentuan mengenai tahapan dalam mengajukan KPR di Bank BTN memang sangat diperlukan untuk memberikan manfaat bagi semua pihak. Memiliki rumah adalah mimpi semua orang dan untuk menjadikannya kenyataan kini semakin mudah saja. Adanya program KPR yang diberlakukan oleh bank BTN dengan segala kemudahannya akan menjadi jembatan bagi impian tersebut. Mengajukan permohonan KPR tidaklah terlalu sulit, cukup selalu komunikatif dengan petugas bank dan rumah impian siap dimiliki.

Pentingnya prosedur dalam pengajuan kpr

Sebagian aplikasi permohonan KPR oleh bank BTN mengalami penolakan dengan banyak alasan, dan hal ini lumrah terjadi. Penerimaan dan penolakan aplikasi berbanding lurus dengan langkah-langkah mengajukan KPR di Bank BTN. Manfaat langkah-langkah ini meliputi:

  1. Mengetahui kesungguhan debitur

Adanya tahapan dan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi akan menunjukkan kesungguhan dan niat baik sang debitur. Ketika persyaratan tidak segera dipenuhi atau bahkan komunikasi sulit untuk dijalin, maka bank BTN tidak akan melanjutkan proses. Debitur yang demikian memang akan memberikan kesulitan dalam tahap pengembalian kredit.

  1. Mengecek kemampuan finansial debitur

Banyak orang yang memiliki hutang di bank atau lembaga pembiayaan lain melalaikan kewajiban dalam melunasi pinjaman tersebut. Kelalaian ini bisa jadi disengaja ataupun tidak, didasari faktor kondisi ataupun alasan apa saja. Namun dengan adanya beberapa tahapan KPR yang diberlakukan bank BTN diharapkan mampu menimbang kualitas debitur. Dilihat dari kondisi keuangan, yakni perbandingan antara pendapatan dan pengeluaran. Sehingga mampu memperkirakan sejauh mana debitur mampu melakukan pengembalian pinjaman KPR yang diambil tersebut.

  1. Kelengkapan dana debitur

Sebagai pihak pemberi pinjaman atau kreditur, bank BTN tentu memerlukan data konkrit dari debitur yang dimiliki. Data ini penting untuk kebutuhan survey ke lapangan, melakukan konfirmasi, penagihan jika terjadi keterlambatan, hingga pengambilan aset yang dijadikan agunan. Pentingnya data ini maka ada tahapan dalam mengajukan KPR di Bank BTN yang mengharuskan debitur melengkapi beberapa dokumen. Semua tahapan yang diberlakukan digunakan untuk memberikan keuntungan baik kepada debitur itu sendiri dan juga pihak bank BTN.