Setiap orang pasti mendambakan kebebasan finansial dalam hidupnya. Bukan lagi bekerja mencari uang melainkan uang bekerja untuk kita. Jika itu juga menjadi cita-cita Anda, maka Anda harus berani mengambil resiko dengan mencoba perdagangan di Indonesia market. Masih bingung apa yang dimaksud dengan pasar ini? Yaitu pasar yang berfungsi untuk memperdagangkan surat-surat berharga. Biasanya orang mengenal pasar ini dengan bursa efek, dimana di Indonesia dinamakan dengan Bursa Efek Indonesia.

Surat berharga sendiri bisa berupa bukti kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan tertentu yang dinamakan saham. Bisa juga surat utang atau obligasi. Bagi Anda yang memegang obligasi artinya Anda menjadi kreditur bagi penerbit obligasi ini. Sedangkan untuk saham, maka ada dua jenis saham yang perlu Anda ketahui. Yaitu saham biasa dan saham preferen atau saham istimewa. Perbedaan masing-masing surat berharga ini secara garis besar adalah :

  1. Untuk saham biasa artinya Anda memiliki hak suara dalam RUPS, namun ketika perusahaan merugi pada tahun berjalan maka Anda juga tidak berhak mendapatkan dividen atau pembagian laba perusahaan.
  2. Untuk saham preferen berarti Anda tidak memiliki hak suara di RUPS tapi Anda pasti akan mendapatkan dividen atau pembagian laba meskipun pada tahun yang bersangkutan perusahaan merugi.
  3. Untuk pemegang obligasi berarti Anda akan mendapatkan pendapatan bunga dalam tiap periode tertentu.

Lalu bagaimana Anda akan menentukan instrumen di pasar Indonesia apa yang akan Anda pilih, ini yang butuh perhitungan cermat. Biasanya para pakar akan menyarankan untuk memegang obligasi saja karena pendapatannya jelas. Namun seperti yang kita bayangkan, modal yang harus Anda keluarkan tentu tidak sedikit.

Sehingga bagi Anda yang ingin aman, maka satu-satunya adalah dengan melakukan kombinasi antara saham biasa, preferen dan juga obligasi. Dalam bahasa manajemen keuangan hal ini biasa disebut dengan portofolio. Lalu bagaimana menentukan kombinasi efek yang pas yang diperdagangkan di Indonesia market yang harus kita beli, maka Anda harus mendapatkan analisa yang tepat. Salah satu yang bisa memberikan analisa ini adalah IDN Financials. Dimana di situs ini Anda akan menemukan grafik tren nilai saham per perusahaan yang Anda inginkan.