Kualitas dan kilau berlian pada umumnya dinilai dengan 4C yaitu carat atau berat karat, clarity atau kejernihan, color atau warna, dan cutting atau asahan. Semakin baik kualitas 4C maka nilai dan keindahannya akan semakin tinggi. Namun ternyata indikator 4C saja tidak cukup untuk menilai kilau perhiasan berlian. Dengan light performance, Anda bisa mendapatkan perhiasan berkualitas dengan lebih akurat. Apa itu light performance?

Light performance sendiri adalah penilaian yang tidak ada dalam sertifikat GIA (Gemological Institute of America). Penilai ini dilakukan oleh Sarine Technology Laboratorium yang menggabungkan gemologi dengan Artificial Intelligence. Kelebihan berlian dengan penilaian light performance yaitu nilai berlian lebih tinggi, kualitas terjamin, diakui secara internasional, dan bisa diakses melalui internet.

Sama seperti 4C, penilaian light performance juga memiliki beberapa kriteria atau parameter. Langsung saja, berikut di antaranya parameter yang dinilai:

Sparkle

Sparkle adalah kilau berlian yang dihasilkan ketika berlian bergerak. Parameter satu ini dipengaruhi oleh kualitas cut atau potongan berlian. Berlian dengan potongan yang kurang ideal tidak memiliki sparkle yang baik. Sebaliknya berlian dengan potongan yang presisi dan ideal mampu memancarkan cahaya dengan sangat baik, bahkan di tempat gelap sekalipun. Ketika berlian digerakkan maka kilaun cahaya terlihat berkelip layaknya bintang di langit.

Perhiasan berlian
Perhiasan berlian

Fire

Parameter penilaian perhiasan berlian asli dengan light performance selanjutnya adalah fire. Jangan salah, fire pada light performance berlian bukan api. Fire adalah biasan warna pelangi saat berlian memantulkan cahaya. Jika sparkle adalah kilauan yang dihasilkan, maka fire adalah refleksi cahaya yang ditampilkan. Sama seperti sparkle, fire juga bergantung dari cut atau potongan. Cut berlian yang presisi dan ideal bisa memantulkan biasan cahaya yang sangat indah. Adanya parameter fire ini bisa membantu Anda mendapatkan perhiasan yang memiliki kejernihan dan warna terbaik.

Light Symmetry

Light symmetry adalah pendistribusian cahaya pada semua sisi perhiasan. Beberapa hal yang memengaruhinya yaitu cut, pola heart and arrows, serta karakteristik unik. Heart and arrows sendiri adalah sebuah pola dengan simetri yang membentuk hati dan panah. Setiap sisi berlian harus simetris untuk menghasilkan pantulan yang sempurna. Selain itu, sisi berlian yang simetris juga bisa menghindari culet yang pecah.

Brilliance

Berlian pada umumnya menghasilkan pantulan cahaya berwarna putih. Pantulan cahaya tersebut kemudian lebih dikenal dengan brilliance. Jika kualitas brilliance rendah maka berlian akan tampak redup dan tidak bisa memantulkan cahaya putih yang cantik. Beberapa faktor yang menentukan kualitas brilliance yaitu asahan, potongan, dan polesan berlian.

Perhiasan dengan Berlian dari Miss Mondial dan Mondial

Ingin menambah koleksi perhiasan berlian asli? Anda bisa membelinya di Miss Mondial dan Mondial Jeweler. Keduanya adalah brand di bawah PT Central Mega Kencana sehingga terbukti kualitas dan keasliannya. Banyak perhiasan yang bisa Anda pilih seperti anting unik, cincin wanita, cincin pria, liontin, hingga gelang.

Setiap jenis perhiasan memiliki model dan desain yang bermacam-macam. Selain desain yang unik, tersedia juga koleksi perhiasan dengan desain elegan, mewah, hingga glamor dan megah. Kebanyakan perhiasan yang ditawarkan menggunakan material emas kuning, emas putih, rose gold, dan platinum. Logam-logam tersebut adalah jenis logam yang berkualitas dan tahan lama.

Miss Mondial dan Mondial Jeweler terbukti terpercaya karena telah memiliki toko fisik resmi. Anda bisa langsung datang ke toko fisik resmi di kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, atau Jakarta. Jika ingin melihat koleksi perhiasannya terlebih dahulu, kunjungi saja website resmi Miss Mondial dan Mondial Jeweler di www.mondialjeweler.com