Di era globalisasi seperti sekarang ini kebutuhan transaksi semakin tinggi setiap harinya. Salah satu cara memudahkan kebutuhan transaksi yaitu menggunakan kartu kredit. Beberapa fitur menarik kartu kredit menggoda seseorang untuk menggunakannya, mungkin Anda adalah salah satunya. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kartu kredit. Berikut adalah beberapa tips cara apply kartu kredit dengan mudah yang baik dan benar. 

5 Tips Mudah Membuat Kartu Kredit Bagi Pemula 

1. Cari Tahu Kebutuhan Diri Sendiri 

Sebelum membuat kartu kredit, ada baiknya Anda mempertanyakan diri Anda terlebih dulu perihal penggunaan kartu kredit. Kartu kredit umumnya memiliki banyak fasilitas, oleh karena itu Anda harus memastikan apakah fasilitas di layanan kartu kredit itu sesuai dengan kebutuhan Anda. 

cara apply kartu kredit dengan mudah
cara apply kartu kredit dengan mudah

Apabila sejak awal kebutuhan Anda tidak dilayani oleh fasilitas kartu kredit bank tertentu maka Anda harus mencari kartu kredit dari perusahaan bank lain yang mendukung kemudahan transaksi Anda. Walaupun terdengar sepele namun Anda harus benar-benar cermat dalam hal ini agar fungsi dari kartu kredit bermanfaat bagi Anda. 

2. Cari Bank yang Tepat 

Selanjutnya, Anda bisa mencari bank yang sesuai dengan preferensi Anda dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menyeleksi bank mana yang cocok dan terbaik untuk Anda. Coba lihat lebih teliti tentang kredibilitas bank dalam menangani masalah kartu kredit dan jaminan pelanggan. 

Anda bisa mencari informasi dengan cara bertanya langsung pada layanan konsumen di bank atau mengumpulkan data lewat situs resmi mereka. Salah satu bank yang berpengalaman dalam melayani permintaan kartu kredit bagi konsumen yaitu Bank Sinarmas.  Fasilitas kartu kredit yang dimiliki oleh Bank Sinarmas tergolong lengkap dan dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan Anda. 

3. Pertimbangkan Aspek Krusial Layanan Kartu Kredit 

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam mempertimbangkan layanan kartu kredit pada suatu bank yaitu: 

1. Persyaratan Pengajuan 

Tips terbaik untuk menyeleksi bank yaitu menghindari bank yang meminta persyaratan pengajuan sulit pada calon konsumennya. Anda bisa mencari referensi bank yang tidak mempersulit Anda dalam memproses kartu kredit. 

2. Besaran Suku Bunga 

Aspek lainnya yaitu jumlah bunga bank yang harus Anda keluarkan ketika menggunakan kartu kredit dari bank tersebut. Bunga bank yang dirasa akan membebani Anda maka akan lebih baik apabila Anda tidak menggunakan kartu kredit tersebut daripada tagihan Anda membengkak. Lebih baik Anda memikirkan dan memprioritaskan diri Anda terlebih dahulu.

3. Biaya Tambahan Lainnya 

Kartu kredit umumnya akan memberikan beberapa biaya tambahan terkait konsekuensi kelalaian dan kewajiban Anda selama menggunakannya. Beberapa biaya seperti biaya materai, biaya keterlambatan membayar, biaya over-limit, biaya iuran per bulan atau per tahun, dan beberapa biaya khusus lainnya. 

4. Kemudahan Dalam Membayar 

Anda perlu memperhatikan layanan pembayaran kartu kredit pada bank tersebut. Kemudahan ini berpengaruh pada kenyamanan Anda sebagai konsumen. Beberapa bank memiliki fasilitas pembayaran yang cukup lengkap, mulai dari lewat ponsel pintar sampai pembayaran lewat minimarket terdekat. 

5. Ajukan Permohonan 

Setelah menemukan bank yang cocok dengan preferensi Anda, langkah terakhir yaitu Anda dapat mengajukan Anda bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit dengan cara datang ke bank atau menghubungi terlebih dahulu nomor resmi atau situs resmi bank. Semoga beberapa tips mudah cara apply kartu kredit dengan mudah ini bermanfaat untuk Anda.