digital performance
bisnis

Apa Itu Digital Performance Marketing? Ini Jawabannya

Digital marketing atau pemasaran secara digital ternyata memiliki strategi yang cukup luas. Salah satu bagian dari strategi digital marketing dikenal dengan istilah digital performance marketing. Jika menggunakan strategi satu ini, Anda hanya perlu membayar iklan ketika terjadi sebuah aksi yang diinginkan. Contohnya klik, penjualan, dan lain sebagainya. 

Karena pembayaran dilakukan karena ada aksi, maka performance marketing menawarkan banyak keuntungan. Bukan hanya hemat saja, namun juga performa lebih terukur, jangkauan brand lebih luas, dan lebih mudah dalam memantau ROI (Return of Investment). Berikut ini beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai performance marketing agar lebih paham:

Cara Kerja

Berikut ini adalah cara kerja dari performance marketing yang bisa membantu Anda memahaminya lebih dalam:

  • Retailer atau advertiser

Retailer atau advertiser merupakan pihak pertama yang harus ada agar performance marketing bisa berjalan. Orang-orang yang ingin mempromosikan produknya dikenal dengan nama retailer atau advertiser. Lebih mudahnya, Anda bisa menyebutnya dengan pengiklan. Jika Anda adalah perusahaan yang ingin menjalankan performance marketing, maka Anda sebagai pengiklan ini.

  • Affiliate

Pihak kedua yang ada dalam pemasaran ini dikenal dengan nama affiliate atau publisher. Ada banyak yang bisa disebut dengan affiliate mulai dari platform media sosial influencer, blog review, dan lain sebagainya. Mereka pihak yang bekerja sama dengan pengiklan. 

  • Affiliate network

Pihak yang berhubungan dengan pengiklan bukan hanya affiliate saja, namun ada juga yang dikenal dengan istilah affiliate network. Sesuai namanya, affiliate network ini yang akan menghubungkan antara pengiklan dengan affiliate.

digital performance
digital performance
  • Affiliate manager

Pihak terakhir yang bekerja agar performance marketing berjalan dengan baik adalah affiliate manager. Pihak yang menjadi affiliate manager bekerja untuk menyediakan kebutuhan affiliate maupun advertiser. Affiliate manager berbentuk agensi atau perusahaan yang bisa mendukung proses berjalannya pemasaran yang optimal.

Jenis-Jenis Strategi

Sedangkan jenis-jenis strategi performance marketing juga cukup beragam yaitu:

  • CPC (Cost per Click)

Strategi pertama yang paling sering dipakai oleh pengiklan adalah CPC atau cost per click. Jadi pengiklan atau Anda hanya perlu membayar jika ada yang melakukan aksi klik. Jika tidak ada aksi klik, maka Anda tidak perlu membayar. Biasanya CPC digunakan untuk memaksimalkan kunjungan di toko atau website.

  • CPM (Cost per Impression)

Selain CPC, Anda juga bisa membayar iklan berdasarkan impression. Jika memilih strategi ini, Anda melakukan pembayaran setiap penayangan iklan. Contohnya penayangan 1000 kali harus melakukan pembayaran dengan nominal tertentu. Semakin banyak penayangannya, biaya yang perlu dikeluarkan juga semakin banyak.

  • CPS (Cost per Sales)

CPS atau pembayaran iklan berdasarkan penjualan termasuk strategi yang cukup baik. Pasalnya Anda hanya perlu membayar iklan jika ada orang yang membeli produk. Jadi Anda bisa membayar iklan dengan keuntungan dari pembelian tersebut.

  • CPA (Cost per Acquisition)

Strategi performance marketing selanjutnya disebut CPA atau cost per acquisition. Pembayaran iklan dilakukan ketika ada tindakan yang diharapkan oleh pengiklan. Terlihat mirip dengan CPS namun tindakannya lebih beragam seperti mengunjungi website, isi formulir, membagikan kontak, dan lain-lain.

  • CPL (Cost per Leads)

Strategi terakhir yang perlu Anda pahami disebut cost per leads. Pembayaran terjadi jika ada leads baru yang dilakukan pengunjung. Leads tersebut bisa berupa mengisi data email, nomor telepon, dan lain-lain. Nanti pengiklan akan diuntungkan karena bisa melakukan promosi melalui email dan nomor telepon. 

Itulah pembahasan mengenai digital performance marketing. Sudah paham bukan seberapa menguntungkannya performance marketing? Jika masih belum paham dalam menjalankannya, Anda bisa meminta bantuan digital agency seperti Diginet atau Digital Internet. Agensi satu ini memiliki tim kompeten yang bisa membantu memilih strategi sesuai kebutuhan dan tujuan perusahaan. Langsung saja hubungi tim Diginet di website resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *