sepeda motor
bisnis

Ini Bedanya Sepeda Motor Listrik Alva dengan Motor Bensin

Alva merupakan brand motor listrik di bawah naungan PT Ilectra Motor Group (IMG). Motor listrik generasi pertama yang diberi nama “One” diperkenalkan pada ajang GIIAS 2022 bulan Agustus 2022 lalu. Sejak peluncurannya pertama kali, sepeda motor listrik ini sudah menarik minat banyak orang. Anda yang tertarik membeli motor baru namun bingung memilih motor listrik atau bensin bisa menyimak artikel ini. Berikut ini adalah perbedaan antara kedua jenis motor tersebut:

Bahan Bakar

Perbedaan pertama yang paling jelas antara motor listrik dengan motor bensin adalah bahan bakar yang digunakan. Sesuai dengan namanya, motor listrik tidak menggunakan bensin melainkan menggunakan listrik agar bisa berjalan. Listrik tersebut disimpan dalam sebuah baterai yang disematkan di dalam motor. Sedangkan motor bensin mengharuskan Anda untuk membeli bensin setiap hari agar bisa digunakan. 

Cara Mengisi Bahan Bakar

Perbedaan selanjutnya ada pada cara mengisi bahan bakar. Motor bensin mengisi bahan bakar di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) atau tempat yang menjual bensin secara eceran. Sedangkan motor listrik bisa diisi sendiri di rumah. Anda hanya tinggal memasukkan kabel charger-nya pada motor untuk melakukan pengisian. Sama seperti ketika mengisi daya gadget ataupun laptop. 

Karena bisa diisi sendiri di rumah, Anda tidak perlu antri ketika mengisi bahan bakar. Namun seiring meningkatnya pengguna motor listrik, di kota besar sudah ada stasiun pengisian daya listrik khusus. Walaupun stasiun pengisian tersebut belum terlalu banyak dan merata.

sepeda motor
sepeda motor

Dampak ke Lingkungan

Perbedaan satu ini menjadi alasan banyak orang memutuskan memilih motor listrik dibandingkan motor bensin. Karena tidak menggunakan bensin, motor listrik juga tidak mengalami pembakaran yang menyebabkan emisi dan polusi udara. Sedangkan motor bensin menghasilkan emisi yang menjadi salah satu penyebab utama polusi udara di kota besar. Menggunakan motor listrik menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga lingkungan.

Kenyamanan Berkendara

Pembakaran yang terjadi pada motor bensin tidak hanya menyebabkan polusi udara saja, namun juga menyebabkan polusi suara. Kebisingan dari motor bensin terkadang sangat mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Sedangkan motor listrik memiliki suara yang halus. Cocok digunakan untuk jalan-jalan dan melepas penat. Apalagi udaranya segar tanpa adanya emisi buangan.

Perawatan Motor

Perawatan motor menjadi perbedaan selanjutnya yang bisa membantu Anda memutuskan membeli motor listrik atau motor bensin. Tidak seperti bayangan banyak orang, motor listrik ternyata tidak membutuhkan perawatan khusus. 

Komponen yang ada di motor listrik cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan motor bensin, jadi tidak ada yang perlu diganti secara berkala. Anda hanya perlu servis berkala untuk membersihkan komponen dan mengganti minyak rem. 

Sedangkan motor bensin perlu mengganti banyak hal secara berkala seperti oli, ban, aki, busi, cek rantai motor, dan lain sebagainya. Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu ke bengkel untuk merawat motor bensin.

Biaya Servis

Perbedaan motor listrik dan bensin yang terakhir adalah mengenai biaya servis. Karena banyak komponen yang harus diganti secara berkala, biaya servis motor bensin cenderung lebih tinggi dibandingkan motor listrik yang jarang diganti. Apalagi jika Anda memilih motor listrik satu ini, biaya akan lebih hemat lagi.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan sepeda motor listrik dari Alva dengan motor bensin. Motor listrik lebih menguntungkan bukan? Anda yang tertarik membeli produk satu ini bisa langsung melakukan pemesanan secara online. Pemesanan dilakukan melalui website resmi yaitu www.alvaauto.com. Nanti pihak dealer yang akan mengirim langsung pesanan ke rumah Anda. Sebelum memesan, cari tahu spesifikasi lebih lengkapnya di website yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.