Penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang tak kalah penting untuk diwaspadai. Pasalnya, penyakit ini dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing dan juga menyebabkan kulitnya memerah. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu jenis-jenis penyakit kulit pada kucing agar Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut dan juga beberapa jenis yang sering dialami oleh kucing kesayangan Anda tersebut.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Pada Hewan Kucing

Ada banyak jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh kucing. Nah, berikut ini kami jelaskan beberapa jenis penyakit yang umum terjadi menimpa kucing kesayangan Anda.

1.      Penyakit Akibat Jamur

Jamur adalah salah satu penyakit kulit yang sering terjadi pada kucing. Pasalnya, jenis penyakit kulit yang satu ini bersifat menular dan bisa datang dari kucing yang lain. Selain itu bisa juga karena jarang dirawat kebersihannya.

penyakit kulit pada kucing
penyakit kulit pada kucing

2.      Penyakit Kulit Akibat Alergi

Sama seperti manusia, kulit kucing juga biasanya alergi pada beberapa hal, mulai dari makanan maupun produk perawatan yang biasa mereka gunakan. Maka dari itu, perhatikanlah produk perawatan kucing dan juga makanannya.

3.      Abses

Di antara penyakit kulit yang lain, abses merupakan salah satu penyakit kulit yang paling terlihat dan tampak mengkhawatirkan. Abses adalah kumpulan cairan kental yang penuh dengan bakteri, sel darah putih, dan lainnya.

Di atas adalah beberapa jenis penyakit kulit pada hewan kucing. Selain itu juga masih ada beberapa jenis lainnya.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi penyakit kulit pada hewan kesayangan Anda, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Karena penanganan penyakit kulit tersebut tergantung dari jenis penyakit atau penyebabnya.

Contohnya jika penyakit kulit tersebut akibat makanan, maka pertama-tama Anda harus memperhatikan makanannya terlebih dahulu. Ganti makanannya dengan makanan terbaik seperti dari Royal Canin.

Di lain sisi, jika penyakit tersebut semakin parah, maka sebaiknya Anda bawa ke dokter hewan agar diperiksa lebih lanjut.

Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda menjadi tahu jenis-jenis penyakit kulit pada kucing dan juga cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.