Hindari Kalori Berlebih Menggunakan Beras Merah untuk Diet – Ternyata, apabila kita menggunakan cara beras merah untuk diet sesuai dengan anjuran dan takaran tepat, maka secara otomatis kita bisa menghindari bertumpuknya kalori pada tubuh. Kalori yang terlalu berlebih pada tubuh, tentu saja bisa sangat merepotkan bila tersedia dalam jumlah berlebih. Pada beras merah, terdapat kandungan karbohidrat hingga 85% sehingga akan dapat membantu tubuh mendapatkan energi untuk bergerak secara efektif. Kandungan seratnya yang tinggi juga sangat tepat untuk membakar kalori yang berpotensi berbahaya untuk tubuh.

Beras merah untuk diet

Saat kita mulai melakukan diet dengan beras merah, tubuh seperti akan mendapatkan sebuah tambahan energi yang efektif dan efisien. Ini disebabkan dari kandungan beras merah yang terdiri atas:

Baca juga : CARA MENGHILANGKAN STRES DENGAN OBAT TRADISIONAL

  • Vitamin B Kompleks yang bisa membantu pembentukan sel darah serta mampu memberikan dukungan terhadap proses yang terjadi pada otak,
  • Magnesium, kalsium dan juga fosfor didalamnya bisa bermanfaat bagi kesehatan tulang agar lebih stabil dan kokoh,
  • Kalium pada beras merah bisa membantu kinerja fungsi jantung sehingga tidak mudah mengalami gangguan.

Rendahnya kalori pada beras merah ini, juga menjadi penyebab banyak penderita diabetes yang lebih suka untuk mengkonsumsi beras ini. Seperti kita tahu, kalori bagi penderita diabetes merupakan pantangan yang harus dijaga dengan ketat, bahkan biasanya mereka mengurangi konsumsi gula dengan menggunakan pemanis buatan seperti produk dari Tropicana yang bisa mengurangi tingginya kalori dalam tubuh. Jadi dengan beras merah untuk diet maka secara otomatis kalori anda sudah terjaga dengan baik.

Banyak yang orang berpendapat rasa beras merah memang tidak seenak beras putih biasa, namun sebenarnya dari kandungan gizinya beras ini memang jauh lebih baik, sehingga banyak yang memanfaatkan beras merah untuk diet yang sehat. Bagi orang yang ingin bertubuh ideal ataupun menderita diabetes, diet memang harus dilakukan secara tepat dan juga sehat, agar tidak menimbulkan ketidakseimbangan metabolisme pada tubuh. Sebab itulah, banyak ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti nasi putih.

Berdasarkan penelitian, diet dengan beras merah memang memiliki banyak keunggulan daripada jenis diet lain. Apalagi bila kita harus berhadapan dengan ekstrim yang tidak membolehkan makan ini dan itu, diet ini cenderung lebih longgar namun tetap harus menerapkan kedisiplinan didalamnya. Beberapa keunggulan dari diet jenis ini adalah:

  • Rendahnya kandungan kalori beras merah, bisa mencegah penumpukan kalori berlebih pada tubuh,
  • Kandungan zat karbohidrat dalam beras ini, akan membuat perut tidak mudah merasakan lapar,
  • Serat yang terkandung dalam beras merah cukup tinggi untuk membantu proses pencernaan makanan dalam perut.

Masih banyak keunggulan lain yang bisa kita dapat dari beras merah ini, khususnya bagi penderita diabetes, konsumsi beras merah ini juga sangat tepat karena benar-benar rendah kalori. Selain itu, untuk penderita diabetes juga harus menghindari konsumsi gula berlebih, sehingga bisa memakai pemanis rendah kalori seperti produk dari Tropicana. Penggunaan gula rendah kalori ini bisa dikombinasikan dengan metode beras merah untuk diet tersebut di atas.