Ada banyak jenis nutrisi penting yang diperlukan oleh anak-anak di masa tumbuh kembang. Nutrisi anak juga memiliki peran yang sangat vital bagi si kecil yang sedang dalam tahap tumbuh kembangnya. Jenis nutrisi pun tergolong sangat banyak sekali.

Nah, di artikel ini kami akan coba jelaskan jenis-jenis nutrisi untuk anak yang penting sekali untuk diperhatikan oleh setiap orangtua. Selain itu, kami juga akan mencoba jelaskan apa saja manfaat dan juga kelebihannya untuk si kecil.

1.  Kandungan Kalsium

Kekuatan dan pertumbuhan tulang menjadi pondasi penting pada tumbuh kembang anak. Untuk mengoptimalkan, maka diperlukan nutrisi yang dapat mengoptimalkan kekuatan tulang maupun gigi si kecil. Kandungan nutrisi tersebut adalah kalsium.

Kalsium juga nantinya akan berkolaborasi dengan vitamin D. Kandungan vitamin D sendiri berperan sebagai vitamin yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Nutrisi Anak
Nutrisi Anak

2.  Berbagai Jenis Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang bisa Anda berikan kepada anak-anak. Kandungan vitaminnya meliputi vitamin A, C, D, E, dan lainnya. Asupan vitamin bisa Anda dapatkan melalui makanan-makanan sehat seperti sayuran, daging merah, ikan, hingga buah-buahan.

Selain itu, vitamin juga bisa Anda temukan pada susu dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. Jadi, Anda harus memberi si kecil makanan sehat yang disempurnakan oleh susu.

Vitamin punya manfaat yang berbeda-beda tergantung dari jenis vitamin itu sendiri. Contoh vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan asupan vitamin C yang cukup maka anak-anak tidak akan mudah terkena penyakit. Selain itu ada juga vitamin A yang bagus untuk mata, dan lainnya.

3.  Kandungan Omega 3 dan Omega 6

Kandungan nutrisi juga ada yang bagus dan bermanfaat untuk otak si kecil. Dua di antaranya adalah omega 3 dan juga omega 6. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan si kecil di masa tumbuh kembangnya.

Kandungan omega 3 dan omega 6 juga sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam tahap pembelajaran. Selain itu, penting juga untuk anak-anak yang mulai masuk sekolah.

4.  Kandungan Protein

Nutrisi yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk anak-anak. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu si kecil untuk tumbuh menjadi anak yang memiliki tinggi badan yang ideal. Karena protein berfungsi untuk membantu membentuk sel dan jaringan otot.

Di lain sisi, protein juga bermanfaat untuk membentuk jaringan sel otak si kecil agar terhubung dengan baik. Artinya, protein juga sangat bermanfaat dan berperan penting untuk kecerdasan anak di masa tumbuh kembangnya.

5.  Karbohidrat

Kandungan karbohidrat memiliki peran yang penting untuk sumber energi utama bagi tubuh. Asupan karbohidrat yang cukup akan membantu si kecil agar lebih aktif dan meningkatkan energi si kecil saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Karbohidrat sendiri terbagi ke dalam dua bagian, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Keduanya sangat penting sekali dan bisa didapatkan dengan mudah. Karbohidrat ini bisa ditemukan pada makanan seperti roti, gandum, crackers, dan lainnya.

Kesimpulan      

Jenis-jenis nutrisi anak ternyata cukup beragam. Jenisnya sama dengan nutrisi yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Akan tetapi, asupan nutrisi anak-anak dua kali lebih besar dibandingkan orang dewasa.itulah kenapa, ada banyak jenis nutrisi yang perlu diperhatikan.

Itulah penjelasan lengkap seputar jenis nutrisi anak lengkap dengan apa saja manfaat-manfaat yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda kunjungi website official Nutricia Professional. Di website tersebut ada banyak informasi kesehatan terkini.