ASI eksklusif diberikan kepada bayi mulai dari ia lahir hingga berusia 6 bulan. Setelah berusia 6 bulan, Si Kecil masih mendapatkan ASI namun ditambah dengan pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI. Makanan bayi 6 bulan berbeda dengan bayi di usia 12 bulan ke atas. Biasanya bayi 1 tahun sudah bisa mendapatkan makanan yang lebih kasar, sedangkan bayi 6 bulan membutuhkan makanan yang lembut agar mudah dicerna. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI memberikan anjuran yang wajib diperhatikan oleh para ibu. Anjuran tersebut berupa strategi pemberian MPASI pada anak usia 6 bulan. Langsung saja, berikut ini pembahasannya:

Tepat Waktu

Makanan pendamping ASI atau MPASI diberikan pada waktu yang tepat yaitu tidak terlalu cepat serta tidak terlalu lambat. Biasanya hal tersebut juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan bayi. Namun biasanya bayi mulai mengonsumsi makanan padat memasuki usia 6 bulan.

Aman dan Higienis

Makanan bayi 6 bulan harus aman dan juga higienis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu proses pengolahan, proses penyajian, serta proses penyimpanannya. Anda harus belajar bagaimana cara mengolah makanan bayi yang tepat.

Memadai

Memadai yang dimaksud yaitu berhubungan dengan nutrisi yang terkandung dalam makanan bayi. Makanan tersebut harus mengandung gizi yang memadai mulai dari vitamin, mineral, protein, lemak, dan lain sebagainya. Jadi Anda perlu melakukan variasi agar gizi yang didapatkan memadai.

Pemberian Secara Responsif

Pemberian makanan pada bayi maupun anak yang sudah lebih dewasa sebaiknya dilakukan secara responsif. Artinya Anda bisa memberikan makanan ketika Si Kecil memberikan tanda lapar. Lalu berhenti memberikan ketika Si Kecil memberikan tanda kenyang.

Itulah strategi pemberian makanan bayi 6 bulan yang harus Anda ikuti. Makanan untuk Si Kecil tidak harus membuat sendiri, Anda yang memiliki kesibukan tinggi bisa memberikan MPASI instan sesekali. Nestle Cerelac menghadirkan MPASI instan untuk bayi usia 6 bulan dalam produk Nestle Cerelac Bubur Sereal dan Nestle Cerelac Bubur Sereal Susu. Dengan MPASI instan, Si Kecil bisa mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkannya.