anak 1 tahun susah makan
Kesehatan

Inilah Makanan Sehat untuk Anak 1 Tahun

Makanan merupakan sumber nutrisi utama bagi anak yang sudah berusia 1 tahun. Oleh sebab itu, Mam perlu memperhatikan dengan baik pemilihan makanan tersebut. Pastikan makanan yang dipilih adalah makanan sehat yang memiliki gizi lengkap dan seimbang.

Pasalnya nutrisi menjadi salah satu faktor penting yang membantu tumbuh kembang anak. Anak 1 tahun susah makan tetap perlu memenuhi kebutuhan makanan sehat. Lebih jelasnya, berikut ini adalah makanan sehat untuk anak 1 tahun yang perlu Anda ketahui:

Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan makronutrien yang berfungsi sebagai sumber energi utama. Apabila masuk ke dalam tubuh, karbohidrat langsung diubah menjadi gula atau glukosa. Ada beberapa makanan berkarbohidrat yang bisa diberikan pada Si Kecil yaitu ketang, nasi, gandum, pasta, ratu, dan lain sebagainya.

anak 1 tahun susah makan
anak 1 tahun susah makan

Makanan Berserat

Serat memiliki banyak manfaat seperti melancarkan pencernaan hingga mempertahankan berat badan ideal. Anak membutuhkan asupan serat setiap hari dari makanan sehat berupa sayur, buah, kacang kedelai, sereal gandum utuh, dan lain-lain.

Makanan Berprotein Tinggi

Sama seperti karbohidrat, protein juga termasuk makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Ada dua macam sumber protein yaitu nabati dan hewani. Sumber protein nabati adalah tahu, gandum, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara sumber protein hewani adalah ikan, telur, susu, daging ayam, daging merah, dan lain-lain.

Makanan Sumber Lemak

Anak-anak membutuhkan lemak baik seperti omega 3 dan omega 6. Makanan sehat yang memiliki kandungan lemak adalah buah alpukat, biji-bijian, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lain-lain.

Makanan Bervitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral memang dibutuhkan dalam jumlah kecil namun sangat penting untuk fungsi otak, saraf pusat, otot, dan lain-lain. Sumber vitamin dan mineral biasanya didapatkan dari buah serta sayur seperti pepaya, buncis, kentang, melon, pisang, dan lain-lain.

Itulah beberapa makanan yang bisa diberikan pada Si Kecil berusia 1 tahun. Apabila anak 1 tahun susah makan, Mam perlu melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan susu pertumbuhan.

Makanan bergizi dan susu pertumbuhan adalah kombinasi yang baik untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak. Wyeth Nutrition adalah susu pertumbuhan yang bisa Anda pilih. Untuk Si Kecil usia 1-3 tahun, Anda bisa memilih S-26 Procal, S-26 Procal GOLD, atau S-26 Procal ULTIMA.

Comments Off on Inilah Makanan Sehat untuk Anak 1 Tahun