Saat ini, produk cincin khusus pria semakin populer di Indonesia. Khususnya untuk jenis cincin berlian pria yang tampak elegan ketika digunakan. Selain indah dipandang, jenis perhiasan yang satu ini juga memiliki nilai investasi yang bagus. Bahkan, cincin berlian merupakan jenis investasi yang bisa dicairkan kapan saja.

Namun, tidak semua produk cincin berlian khusus pria yang ada di pasaran itu asli. Agar tidak salah memilih dan membeli, simak beberapa cara-cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu berikut ini:

Cincin berlian pria

1.  Gunakan Berlian Selector Untuk Membedakan Keaslian Berlian

Kini, ada cara yang mudah dan sederhana mengetahui mana berlian asli dan mana yang palsu. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah berlian selector berbentuk digital. Anda hanya perlu menempelkan berlian, maka keasliannya akan langsung dapat dilihat.

Bagi yang tidak memilikinya, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, alat ini sudah tersedia di toko-toko perhiasan terkemuka. Jadi, Anda tinggal meminta penjual untuk melakukan pengecekkannya. Namun, pastikan Anda memilih toko perhiasan terkemuka yang sudah menyediakan alat tersebut, ya.

2.  Memiliki Sertifikat Resmi dari GIA

GIA, atau Gemological Institute of America merupakan sebuah lembaga yang memiliki laboratorium profesional. Lembaga tersebut bisa mengeluarkan sebuah sertifikat resmi yang menyatakan keaslian dan kualitas suatu berlian.

Sertifikat ini bisa menjadi salah satu hal penting saat Anda membeli perhiasan berlian. Karena, berlian yang sudah mengantongi sertifikat GIA, sudah bisa dipastikan keaslian dan kualitasnya.

Jadi, sebelum membeli, silahkan Anda cek terlebih dahulu apakah berlian yang Anda beli tersebut sudah memiliki sertifikat atau belum?

3.  Menggunakan Material Emas Asli

Selain berlian, perhatikan juga keaslian material emas yang digunakannya. Pastikan Anda memilih cincin pria dengan material emas asli. Saat ini, ada 3 jenis material emas yang biasa digunakan, yaitu emas kuning, emas putih, dan platinum.

Silahkan Anda pilih salah satunya. Pastikan juga bahwa materialnya asli. Dengan begitu, cincin berlian yang Anda pilih, akan memiliki kualitas yang bagus, tampak elegan, dan memiliki nilai investasi yang bagus.

4.  Memiliki Tingkat Bias yang Tinggi

Salah satu alasan kenapa berlian tampak berkilau adalah keterbatasannya. Cahaya yang mengenai berlian tersebut, akan dibiaskan atau dipantulkan. Itulah kenapa, meskipun ukurannya kecil, berlian akan tampak berkilau. Apalagi jika Anda memiliki jenis berlian yang besar.

Cahaya tidak akan menembus berlian. Anda bisa melakukan pengecekkan sendiri. Silahkan taruh berlian di atas koran atau buku. Jika berlian asli, Anda tidak bisa melihat tulisan melalui berlian tersebut.

Berbeda dengan jenis berlian palsu. Tulisan di buku dan di koran tersebut, bisa Anda lihat menembus berlian karena cahaya tidak dipantulkan atau mirip seperti kaca di mana kita bisa melihat melewatinya.

Tips Membeli Cincin Berlian Asli

Jika Anda berencana membelinya, pastikan memilih tempat yang tepat. Carilah toko perhiasan terkemuka dan kredibel. Pastikan mereka memiliki alat selector agar bisa memastikan berlian yang dijualnya asli.

Jangan lupa juga untuk memilih penjual yang sudah menyertakan sertifikat keaslian dan kualitasnya. Selain itu, survey terlebih dahulu harga emas dan berlian saat ini, lalu bandingkan dengan harga yang ditawarkan penjual. Pastikan berlian tidak kemahalan.

Namun, yang perlu Anda perhatikan, harga suatu berlian juga tidak bisa dilihat dari berat dan ukurannya saja. Kualitasnya pun menentukan harganya.

Demikian informasi seputar cara membedakan cincin berlian pria yang asli dengan yang palsu. Semoga informasi di atas membantu Anda yang saat ini berencana untuk membelinya.