Pada masa-masa kehamilan, seorang ibu muda tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Bagi Anda yang sedang hamil muda, penting untuk mengetahui berbagai makanan untuk ibu hamil muda yang harus Anda ketahui. Karena, makanan sehat tidak hanya bagus untuk kesehatan ibu hamil, juga untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Jangan asal memilih! Inilah tips cara memilih makanan yang cocok untuk para ibu hamil muda yang ingin kesehatan tubuh dan janinnya terjaga.

makanan untuk ibu hamil muda
Makanan untuk ibu hamil muda

Source : https://i2.wp.com/hallomoms.com/wp-content/uploads/2019/11/4233__1574770076_94879.jpg?resize=800%2C533

1.  Pilih Makanan Berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat  bisa didapatkan dari berbagai makanan. Di antaranya seperti roti, kentang, nasi, biscuit, maupun sereal. Karbohidrat adalah kandungan yang penting untuk sumber tenaga ibu hamil. Dengan begitu, aktivitas sehari-harinya akan jauh menjadi lebih ringan.

2.  Tips Memilih Makanan Lezat untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat tidak selamanya hambar atau tidak bisa diolah ke dalam jenis makanan lezat. Ada cukup banyak makanan yang bisa Anda pilih dengan kelezatan yang bisa diolah sesuai keinginan. Yaitu jenis makanan-makanan seperti ikan, daging, dan telur. Ketiga jenis makanan tersebut, mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

3.  Memilih Buah-Buahan yang Tepat

Ada cukup banyak jenis buah-buahan yang bisa Anda pilih pada masa kehamilan muda. Adapun jenis makanan tersebut di antaranya seperti pepaya, mangga, alpukat, melon, pisang, kiwi, dan stroberi. Setiap ibu hamil, disarankan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna yang berbeda. Selain buah segar, bumil juga bisa mengolahnya ke dalam bentuk jus.

4.  Memilih Jenis Sayuran Hijau yang Tepat

Selain buah-buahan, ada cukup banyak jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi pada masa kehamilan muda di antaranya seperti sawi, kale, bayam, brokoli, dan kubis. Sayuran tersebut memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan. Di antaranya seperti vitamin, serat, kalium, folat, dan antioksidan.

5.  Sempurnakan dengan Susu

Susu sapi, maupun olahan susu sapi, seperti keju dan yoghurt, sangat disarankan untuk ibu hamil muda. Khususnya pada ibu hamil trimester pertama. Susu adalah minuman yang kaya akan protein dan juga kalsium. Kedua jenis kandungan tersebut, sangat dibutuhkan oleh ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungan.

Namun, jangan salah memilih susu. Pilihlah jenis susu, maupun produk olahan susu yang rendah gula maupun lemak. Selain itu, jangan mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Karena, susu ini mengandung bakteri berbahaya.

Nah, itulah berbagai tips dalam memilih makanan untuk ibu hamil muda. Dengan tips di atas, kini Anda bisa menjaga kesehatan diri Anda dan juga janin yang ada di dalam kandungan secara mudah. Semoga informasi di atas, bisa membantu Anda menjaga kesehatan pada saat masa kehamilan.