Ati ampela adalah salah satu bahan makanan yang sangat lezat sekali diolah untuk berbagai macam jenis menu makanan sehari – hari. Salah satu caranya adalah dengan mengolah ati ampela dalam bentuk sebuah makanan pepes atau yang dikenal dengan pepes ati ampela sebagai menu makanan Indonesia yang lezat untuk Kita konsumsi sehari – hari. Selain itu, masakan yang satu ini merupakan jenis makanan yang sehat dan mudah dibuat.

Untuk Anda yang saat ini penasaran ingin membuatnya, berikut Kami paparkan cara pembuatan dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

menu makanan Indonesia

  1. Bahan – Bahan Pepes Ati Ampela

Siapkan beberapa bahan masakan untuk pembuatan menu makanan Indonesia yang satu ini. Beberapa diantaranya seperti 500 gr ati ampela ayam, daun kemangi, dan daun pisang. Untuk bumbu halus siapkan 7 siung bawang putih, 7 butir bawang merah, 2 cabe rawit merah, 10 cabe merah besar, 1 batang daun sereh, 1 cm jahe, 3 lembar daun salam, gula secukupnya, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya dan terakhir 1 sendok teh kunyit bubuk

  1. Cara Membuatnya

Pertama tama, untuk menghilangkan bau amis Anda bisa menggunakan jahe dengan diiris tipis – tipis lalu tumis dengan menggunakan sedikit minyak. Setelah jahenya wangi dan kecoklatan, tambahkan juga air lalu tunggu hingga air agak panas lalu kemudian masukan ati ampela. Setelah itu, tumislah bumbu menu makanan Indonesia ini agar harumnya keluar lalu masukan batang sereh dan daun salam Tambahkan juga garam, penyedap rasa dan gula sesuai dengan selera Anda.

Setelah bumbu halus harum dan matang, selanjutnya Anda matikan kompor lalu masukan ati ampela yang tadi telah Anda rebus. Jangan lupa juga ati ampela yang Anda siapkan telah diiris sesuai dengan selera. Setelah itu aduklah hingga bumbu halus semua tercampur rata. Tunggulah sampai dingin lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan tambahkan daun kemangi. Setelah siap, pepes ati ampela Anda kukus  hingga matang. Setelah matang dan siap, maka sajikanlah selagi hangat sebagai makanan pelengkap nasi untuk keluarga tercinta.