Islamic Boarding School
Pendidikan

Cara Memilih Islamic Boarding School Terbaik

Kebingungan yang mendasar sering dirasakan oleh para orang tua ketika mereka hendak menyekolahkan anak – anaknya di sekolah lanjutan atas. Terlalu banyak SLTA baik negeri maupun swasta saat ini merupakan salah satu penyebab mengapa para orang tua menjadi bingung ketika akan memilih sekolah yang tepat dan cocok untuk anak – anaknya. Namun anda tidak perlu bingung lagi karena saat ini sudah ada sebuah sekolah yang memiliki konsep serta pola pendidikan yang berbeda dengan kebanyakan sekolah yang ada saat ini.

Diantara beberapa jenis sekolah lanjutan atas yang saat ini ada, Islamic Boarding School adalah salah satunya. Sekolah jenis ini merupakan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan menggunakan program pendidikan asrama dengan mengutamakan pendidikan Islam yang kaya akan nilai – nilai yang luhur. Jadi, selain akan memiliki tingkat intelektual yang tinggi, siswa dan siswi di sekolah ini juga akan memiliki tingkat intergritas moral yang tinggi pula.

Islamic Boarding School
Islamic Boarding School

Cukup banyak sekolah di Indonesia yang dikategorikan sebagai Islamic Boarding School namun tidak semua sekolah tersebut memiliki kualitas yang baik dalam jhal pola serta sistem pendidikannya.

Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk memilihnya, anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Kenali kurikulum yang diberlakukan

Kurikulum merupakan seperangkat aturan yang yang dijalankan sebuah sekolah agar para peserta didiknya dapat mencapai target pendidikan yang diinginkan.

  • Lihat para lulusannya

Lulusan sebuah lembaga pendidikan merupakan cerminan dari kualitas proses pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut.

  • Lihat prestasi sekolah

Melihat prestasi yang diraih sebuah lembaga pendidikan merupakan cara yang paling mudah untuk melihat kualitasnya. Jika prestasi yang diraihnya baru sampai tingkat kecamatan, berarti kualitas pendidikan tersebut baru unggul di tingkat kecamatan. Begitupun selanjutnya.

  • Lihat sarana dan prasarananya

Perhatikan lokasi, ruangan kelas, laboratorium, lapangan olahraga, dan fasilitas lain yang dapat menunjang proses pendidikan di sebuah lembaga pemndidikan. Karena kelengkapan sarana prasarana akan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para siswanya.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan cara memilih Islamic Boarding School terbaik yang akan membantu anak anda dalam menggapai kesuksesan di masa depannya. Bagi anda yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah seperti tersebut di atas, anda bisa memilih SMA Dwiwarna. Ya, SMA Dwiwarna merupakan sekolah islam berasrama yang berada di kawasan di Parung Bogor yang mampu menciptakan generasi muda yang unggul dengan memiliki karakter islam yang tercermin dari perilakunya sehari-hari.

Comments Off on Cara Memilih Islamic Boarding School Terbaik