Menjadi Ahli Gizi Dari Institut Pertanian Bogor
Pendidikan

Menjadi Ahli Gizi Dari Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor memiliki satu jurusan yang belum banyak diketahui yaitu Jurusan Ilmu Gizi. Di Indonesia sendiri, jurusan Ilmu Gizi hanya dibuka oleh beberapa Universitas, oleh sebab itu namanya mungkin tidak seterkenal jurusan kedokteran hewan ataupun yang lainnya. Jurusan ini banyaknya bisa ditemukan di Politeknik kesehatan, meskipun jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah diploma tiga maupun diploma empat.

Jurusan Ilmu Gizi yang terdapat di Institut Pertanian Bogor menawarkan jenjang pendidikan S1. Selain IPB, yang menawarkan program S1 pada jurusan ini adalah Universitas Brawijaya, juga Universitas Diponegoro. Meskipun masih belum terlalu banyak yang mengenal, jurusan Ilmu Gizi sebenarnya memiliki prospek yang cukup baik di masa yang akan datang. Selama manusia hidup dan membutuhkan makanan, maka disitu jugalah ahli gizi dibutuhkan.

Peluang kerja untuk ahli gizi tidak hanya tersedia di Rumah Sakit, namun juga sangat banyak perusahaan industri makanan maupun minuman yang membutuhkan tenaga ahli gizi. Anda juga bisa membuka usaha sendiri seperti usaha katering untuk pasien, atau konsultasi diet. Lowongan pekerjaan di BPOM juga terbuka untuk para ahli gizi, oleh sebab itu, jika anda tertarik dengan jurusan ini, jangan khawatir mengenai pekerjaan yang bisa anda dapatkan.

Selain mempelajari ilmu gizi dasar, ilmu pangan dasar, anatomi fisiologi. kimia, di jurusan Ilmu Gizi juga mempelajari psikologi, komunikasi, statistik dan juga manajemen kewirausahaan. Karena hal tersebut juga berhubungan dengan gizi.

Gelar untuk sarjana yaitu S.Gz. dan AMG untuk anda yang mengambil program diploma. sedangkan untuk program diploma, dan SST.Gz. untuk diploma empat. Jika anda berminat untuk menjadi ahli gizi, anda bisa mencoba daftar di Institut Pertanian Bogor. Seperti yang sudah disebutkan di atas, anda tidak perlu khawatir untuk masa depan pekerjaan lulusan ahli gizi, karena masih sangat banyak yang membutuhkan profesi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *