Cara menata ruang keluarga bisa menjadi tugas yang menakutkan. Bila Anda dihadapkan pada ruangan kosong mengetahui bagaimana mengisinya bisa terasa luar biasa. Dalam merancang ruang keluarga agar nampak nyaman dan menyenangkan, Anda bisa melihat referensi dari majalah atau internet. Pengaturan ruang keluarga juga berkaitan dengan perabot furniture yang ada didalamnya. Ikea selalu mempunyai solusi dari perabot yang Anda butuhkan. Disana terdapat beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget dan minat Anda. Jika ingin menata ruangan sendiri, bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini!

  1. Pilih Focal Point

Jangan pernah meremehkan kekuatan focal point itulah kunci dalam cara menata ruang keluarga. Terkadang mereka tampil secara alami seperti jendela, sementara lain kali Anda membuatnya sendiri, seperti unit media dan televisi. Apapun focal point Anda, buatlah keputusan dan tetaplah dengan itu. Setelah itu, barulah mengatur tata letak furniture Anda.

2. Jangan Dorong Furnitur Melawan Dinding

Ukuran ruangan akan menentukan seberapa jauh Anda bisa menarik perabotan Anda dari dinding itu termasuk cara menata ruang keluarga yang efektif. tapi di tempat yang kecil Anda ingin tetap ada ruangan bernafas sedikit dengan membiarkan beberapa inci di antara bagian belakang potongan furnitur dan dinding. Jika Anda memiliki ruang yang lebih besar, silakan mengatur perabotan sedemikian rupa sehingga area percakapan tercipta di tengah ruangan, meninggalkan beberapa kaki antara dinding dan perabotan.

3. Buat Daerah Percakapan

Orang secara alami harus dapat berbicara satu sama lain tanpa harus menjulurkan leher mereka atau berteriak ke seberang ruangan. Anda ingin sofa dan kursi saling berhadapan (tidak harus lurus, tapi dekat), dan seharusnya cukup dekat sehingga Anda bisa melakukan percakapan alami dengan orang yang duduk di seberang Anda tanpa harus meninggikan suara Anda. Jika ruangan terlalu besar, buatlah beberapa area percakapan.

4. Pertimbangkan Aliran Lalu Lintas

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat mengatur furnitur di ruangan manapun adalah arus lalu lintas. Orang tidak boleh tersandung furnitur, atau satu sama lain, untuk melewati ruangan. Pastikan ada beberapa kaki (beri atau ambil beberapa inci) antara meja kopi dan sofa, dan antar kursi. Buat jalan yang jelas agar orang bisa berjalan dari satu ujung ruangan ke ujung ruangan yang lain tanpa kesulitan.