Anak-anak jaman sekarang memang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal pendidikan dibandingkan 10 atau bahkan 20 tahun lalu. Termasuk dalam memilih homeschooling Bandung sebagai sarana menimba ilmu. Sebenarnya sekolah di rumah atau homeschooling ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Tetapi tujuannya tentu berbeda, jika jaman dulu sekolah ini menjadi sarana untuk membuat anak-anak memiliki pemikiran yang berbeda atas penjajah. Khususnya untuk membentuk strategi perlawanan kepada mereka. Berbeda dengan saat ini, dimana pemilihan homeschooling hanya karena anak tidak punya cukup waktu untuk belajar.

Padahal tidak semua anak atau buah hati sesuai untuk melakukan homeschooling. Berikut ini beberapa tipe anak yang lebih cocok dengan homeschooling :

  1. Anak-anak yang terlihat memiliki bakat, inovasi dan kreatifitas diatas normal. Anak-anak tipe ini memang harus diberikan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki.
  2. Anak-anak dengan tipe tertutup dan pemalu.
  3. Anak-anak yang memiliki sedikit kelainan baik fisik ataupun mental, dimana dimungkinkan mereka akan mendapatkan bullying atas kelainan tersebut.

Jika buah hati Anda termasuk diantara ciri-ciri diatas, tidak dapat dipungkiri homeschooling adalah pilihan yang tepat. Dimana sebelum memilih homeschooling termasuk homeschooling daerah Bandung, yang perlu diperhatikan adalah :

  • Keabsahan ijazah yang mereka keluarkan. Karena di Indonesia, sekolah di rumah ini masih sedikit terpinggirkan di sistem pendidikan formal kita.
  • Bagaimana kualitas guru yang didatangkan, benar-benar memiliki keahlian dan sertifikasi di bidang pendidikan sesuai kurikulum yang dikembangkan atau tidak.
  • Apakah pihak penyelenggara memperhatikan dengan benar kemauan orang tua dan anak dalam melakukan proses belajar mengajar.

Untuk mewujudkan hal terakhir ini berarti dibutuhkan komunikasi antara orang tua dengan pihak penyelenggara. Dengan kata lain, mereka harus benar-benar bisa mewujudkan tujuan dari dilakukannya homeschooling ini. Jika Anda tinggal di Bandung, satu-satunya homeschooling Bandung yang memiliki semua kriteria diatas tentu Homeschooling Primagama Bandung. Dimana jika Anda berminat mendaftarkan buah hati, maka ada tes minat dan bakat, tes psikologi lebih dari satu kali untuk menentukan kurikulum yang tepat. Setelah itu akan dilakukan evaluasi berkala apakah kurikulum yang dikembangkan masih sesuai dengan kebutuhan atau tidak.