Pintar – Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Protein  diperlukan untuk pertumbuhan otot serta meregenerasi semua sel – sel dalam tubuh. Protein juga bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh. Protein dapat kita peroleh dari berbagai jenis makanan. Ada baiknya anda mengonsumsi makanan tinggi protein agar kebutuhan protein untuk tubuh dapat terpenuhi.

Banyak makanan tinggi protein yang dapat anda konsumsi. Telur adalah salah satu makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Bagian putih telur mengandung protein sebanyak 6 gram. Kuning telur juga mengandung 9 jenis asam amino yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otot tubuh. Selain protein, telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. oleh karena itu, telur dianggap sebagai makanan dengan kandungan gizi yang lengkap.

Sumber protein lainnya adalah daging. Banyak orang mengonsumsi daging karena mengandung protein yang sangat tinggi. Daging terdiri dari daging merah dan daging putih. Daging sapi dan daging kerbau termasuk jenis daging merah. Sementara daging ayam dan kalkun merupakan contoh daging putih. Namun hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi daging adalah kandungan lemak yang ada di dalamnya. Pilihlah bagian yang tidak mengandung lemak. Ketika mengonsumsi ayam, kita dapat memilih bagian dada karena mengandung sedikit lemak. Sehingga tidak akan mengakibatkan kolesterol.

Ikan mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu kandungan lemak dalam ikan juga tidak tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi. Meskipun ada beberapa jenis ikan yang mengandung lemak tinggi, namun lemak yang terkandung dalam ikan bukan merupakan lemak yang berbahaya bagi tubuh. Lemak yang terkandung dalam ikan merupakan omega 6 yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber Makanan Tinggi Protein
Sumber Makanan Tinggi Protein

Kacang – kacangan dan biji – bijian dikenal sebagai makanan yang kandungan proteinnya sangat tinggi. Kacang polong biasanya dikonsumsi bersama sayuran yang lain atau dikonsumsi sebagai kudapan. Selain kacang polong, kacang almond juga mengandung protein yang sangat tinggi. kacang almond biasa disajikan sebagai hidangan penutup bersama makanan  yang lain. Selain kedua jenis kacang – kacangan di atas, kacang kedelai juga dikenal mengandung protein yang tinggi. Kacang kedelai lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat daripada jenis kacang yang lain. Makanan olahan dari kedelai adalah tahu dan tempe. Tahu dan tempe memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. tahu dan tempe juga merupakan makanan yang merakyat karena harganya terjangkau. Jadi selain sedap serta mudah diolah, tahu dan tempe juga memiliki banyak manfaat.

Sumber Makanan Tinggi Protein
Sumber Makanan Tinggi Protein

Itulah beberapa makanan yang mengandung protein tinggi. Mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama protein yang sangat berperan dalam pertumbuhan dan pertahanan tubuh.