Diagnosa adalah suatu hal penting yang harus dilakukan untuk memeriksa dan mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Diagnosa juga dibutuhkan untuk mendapatkan solusi perawatan atau tindakan pengobatan yang tepat untuk mengatasi suatu masalah kesehatan, termasuk masalah penyakit skoliosis atau kelainan yang terjadi pada tulang belakang. Setelah diagnosa dilakukan, maka kondisi tulang belakang yang lebih pasti dan juga jelas akan segera diketahui oleh para pasien dan dicermati dengan baik oleh dokter yang memeriksa. Dengan begitu, kesimpulan pun bisa didapatkan dan cara perawatan yang paling tepat bisa dipilih sesuai kondisi dan keadaan yang ada.

Setiap pasien yang mengalami penyakit kelainan pada tulang belakang ini tentu saja merasakan gejala yang berbeda-beda. Pasalnya, tingkat keparahan penyakit, usia, pola, posisi lengkungan hingga jenis kelamin setiap penderitanya belum tentu sama. Hal tersebutlah yang membuat tindakan atau metode perawatan yang diterapkan pada pasien cukup beragam. Berkonsultasi dengan dokter yang tepat sudah seharusnya dilakukan supaya tindakan pemulihan yang diterapkan adalah pilihan yang paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa metode perawatan yang bisa dipilih para pasien untuk mengatasi kelainan tulang belakang sesuai kondisi kesehatannya, antara lain :

  • Mengonsumsi obat sesuai dosis yang tepat untuk meredam rasa nyeri.
  • Menggunakan penyangga untuk memperbaiki lengkungan dan mencegah kondisi tulang belakang semakin buruk dan terlihat parah.
  • Melakukan operasi untuk memulihkan kondisi tulang belakang yang sangat parah bahkan lengkungannya mencapai lebih dari 50 derajat.

Selain itu, ada juga cara lain yaitu terapi tradisional sebagai perawatan alternatif. Terapi yang dapat dijalani yaitu chiropractic yang merupakan metode terapi tulang belakang yang sangat alami dan tanpa obat-obatan atau zat-zat kimiawi. Selain melakukan chiropractic bersama terapis yang ahli, olahraga dan yoga juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kelainan pada tulang belakang yang dialami oleh pasien skoliosis. Dengan memilih metode perawatan dan pemulihan kondisi tulang belakang dengan tepat dan efektif, tentu saja kondisi kesehatan akan segera pulih. Tulang belakang akan kembali normal secara berangsur-angsur dan berbagai gejala atau resiko yang ditimbulkan bisa segera dihindari.