Mampu melakukan kerja di rumah memang menyenangkan. Anda bisa santai di tempat tidur ataupun di sofa ruang keluarga. Anda juga bisa mencari inspirasi di kafe ataupun taman. Tidak terhalang macet dan bisa bekerja kapan saja adalah keuntungan lainnya. Namun dengan semua kebebasan tersebut, halangan bukanlah dari pekerjaan, tetapi dari diri Anda sendiri.

Kerja dari rumah membawa rintangan sendiri, inilah yang biasanya akan dialami:

  1. Jadwal tidur yang kacau

Anda mempunyai banyak kebebasan mengatur waktu, sehingga jadwal tidur Anda juga menjadi tidak teratur. Anda bisa saja tidur di pagi hari, atau ketika melewati tengah malam.

  1. Terlalu banyak distraksi

Anda selalu berhadapan dengan komputer dan internet tanpa pengawasan. Tak ada yang menghalangi Anda mengecek media sosial, menonton video, atau menulis blog, yang tak berhubungan dengan pekerjaan.

  1. Gangguan dari anggota keluarga

Anak rewel, orang tua yang memanggil di saat Anda berkonsentrasi penuh, suara dari TV, dll. adalah gangguan yang akan Anda hadapi.

Kalau seperti ini terus, Anda tidak akan menjadi lebih produktif daripada bekerja di kantor. Namun Anda bisa mengakalinya dengan cara:

  1. Buat ruang kerja sendiri

Untuk mengatasi gangguan dari pekerjaan rumah, anak-anak, dan orang lain di rumah, buatlah ‘kantor’ Anda sendiri di rumah. Tidak harus baru, cukup gunakan sudut tak terpakai yang relatif sepi.

  1. Membuat jadwal

Cukup ironis, mengingat Anda tidak bekerja di kantor supaya bisa bebas. Tapi membuat jadwal akan membuat Anda bisa berfokus menyelesaikan satu-persatu hal penting.

  1. Pisahkan antara pekerjaan dan keperluan pribadi

Bekerja dari rumah membuat Anda akan susah memisahkan keduanya, jadi buatlah mindset sendiri yang akan membantu Anda fokus. Kerja adalah kerja, jangan campur dengan pleasure.

Tidak ada pekerjaan yang bebas rintangan, tak terkecuali ketika Anda kerja di rumah. Anggap saja hal ini salah satu tantangan yang harus dihadapi. Masuklah ke dalam mindset bahwa ini adalah pekerjaan serius, dan hargailah jadwal yang Anda buat sendiri. Kalau perlu, pergilah ke kafe atau ganti suasana tempat untuk membuat otak lebih segar dan bisa fokus.