Dalam usaha, tentunya semua orang ingin bisa sukses, bukan? Tapi hal tersebut tergantung dari banyak hal, seperti ketekunan Anda sendiri, kemauan untuk belajar, dan tentu saja strategi promosi. Semakin banyak orang yang tahu usaha Anda, dan bagaimana usaha tersebut lebih unggul daripada kompetitor lain yang serupa, tentu semakin bagus buat Anda. Begitu juga kalau Anda punya bisnis tiket pesawat online.

Persoalan promosi selalu menjadi masalah sendiri bagi banyak orang, tak terkecuali dengan bisnis agen tiket pesawat online. Banyak orang yang mengalami kendala dalam bisnis ini karena:

  • Masih kurang familiar dengan sistem yang dipakai, sehingga membutuhkan waktu lama untuk melayani pembeli.
  • Kurangnya pengalaman, sehingga tidak tahu bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan.
  • Merasa malu, tidak percaya diri, apalagi kalau harus beriklan atau melakukan promosi. Selalu saja ada rasa minder.
  • Kurangnya jaringan atau networking, sehingga tidak ada yang bisa merekomendasikan usaha Anda.

Jadi, bagaimana caranya mengatasi hal ini? Berikut adalah beberapa strategi dalam berbisnis sebagai agen perjalanan yang bisa Anda lakukan:

  1. Manfaatkan internet untuk pemasaran

Karena Anda melakukan bisnis di internet, Anda sudah tahu bagaimana kekuatan dari komunitas online di dalamnya, bukan? Masuklah ke dalam komunitas tersebut, seperti forum untuk jalan-jalan atau grup khusus petualang, dan aktiflah di sana. Rajinlah melakukan update di media sosial Anda.

  1. Radio dan brosur

Meski internet adalah tempat efektif, jangan lupakan sarana promosi offline. Beriklanlah di radio, atau sebarkan brosur. Beri tahu calon pembeli apa saja keuntungan membeli dari Anda.

  1. Kerja sama dengan dinas wisata atau perhotelan

Kalau bisa, jalinlah kerjasama dengan suatu tempat wisata tertentu atau lembaga pariwisata. Anda mendapatkan promosi, dan pembeli mendapatkan tiket mereka.

Strategi dalam promosi di atas sangatlah penting dilakukan ketika Anda melakukan bisnis tiket pesawat online. Kenapa? Karena bisnis di bidang jasa seperti ini membutuhkan kepercayaan, apalagi bisnis online. Kalau ada orang yang merekomendasikan Anda, berarti sudah ada pelanggan yang menganggap Anda bisa dipercaya. Promosi mulut ke mulut seperti ini lebih efektif daripada promosi lainnya.