Perhiasan biasanya umum digunakan untuk menghadiri acara tentu agar membuat penampilan menjadi lebih cantik serta menonjol. Namun, Anda juga tetap dapat menggunakan perhiasan setiap hari dengan model yang sederhana. Cincin berlian asli merupakan perhiasan yang dapat digunakan oleh wanita maupun pria. Perhiasan ini sederhana namun dapat menambah karisma orang yang memakainya. Hal ini dikarenakan sifat berlian yang berkilauan serta harganya yang tidak murah.

Perhatikan 4 Hal Ini Untuk Mengetahui Kualitas Berlian

Jika Anda ingin membeli perhiasan berlian sebaiknya mengetahui beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui kualitas berlian. Dengan mengetahui kualitas berlian yang akan beli maka Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas berlian tersebut.

Warna Berlian – Color

Cincin berlian asli
Cincin berlian asli

Warna berlian dapat Anda jadikan patokan untuk mengetahui kualitasnya. Jika berlian yang terdapat pada perhiasan memiliki warna yang jernih maka berlian tersebut memiliki kualitas yang bagus. Namun jika warnanya tidak terlalu jernih maka kemungkinan berlian tersebut berkualitas rendah.

Perbedaan warna pada berlian ini biasanya dipengaruhi oleh lama waktu proses pembentukannya. Berlian yang mengalami tekanan dan panas bumi yang lama tentu akan menghasilkan berlian dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui kejernihan warna berlian ini harus menggunakan bantuan alat khusus karena tidak bisa dilakukan dengan mata telanjang.

Berat Berlian – Carat Weight

Karat merupakan istilah yang digunakan untuk berat berlian. Satu karat berlian setara dengan 200 miligram. Semakin tinggi karat pada berlian maka akan semakin mahal pula harga perhiasan tersebut. Namun demikian, juga harus didukung dengan beberapa faktor lainnya.

Berlian yang memiliki bobot 1 karat ukurannya dapat berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan ukuran ini bisa disebabkan dari model potongan berlian tersebut karena setiap model potongan akan mempengaruhi tinggi, lebar atau panjang berlian.

Clarity – Kejernihan

Hal ketiga yang harus Anda perhatikan ketika membeli berlian yaitu clarity atau tingkat kejernihan tersebut. Kejernihan ini berbeda dengan warna yang dihasilkan berlian namun lebih kepada kesempurnaan kilau berlian tersebut. Berlian dengan kualitas baik tidak memiliki cacat atau inklusi pada seluruh permukaannya.

Istilah inklusi pada berlian yaitu kondisi dimana berlian mengalami gangguan dalam mengalirkan cahaya sehingga tidak dapat memantulkan cahaya dengan sempurna. Anda tentu tidak bisa hanya menggunakan mata bisa untuk melihat inklusi pada berlian karena harus menggunakan alat khusus. Semakin sedikit cacat atau inklusi berlian maka akan semakin mahal pula berlian tersebut.

Potongan – Cut

Potongan berlian pada perhiasan juga dapat menandakan kualitas sehingga akan berpengaruh pula pada harga perhiasan tersebut. Berlian yang mempunyai potongan dengan tingkat ketelitian tinggi dapat menghasilkan berlian yang berkilau lebih tinggi. Kalau tersebut disebabkan oleh sinar yang dipantulkan melalui permukaan berlian tersebut.

Beberapa model potongan seperti princess, pear, round, marquise, brilliant heart dan lain-lain merupakan model-model yang umum digunakan. Selain itu, jenis potongan di atas juga memiliki kelebihan seperti memberikan efek berlian terlihat lebih besar serta membuat berlian terlihat lebih berkilau.

Cincin Berlian

Gambar di atas merupakan salah satu rekomendasi cincin berlian yang bisa Anda miliki. Anda juga dapat melihat berbagai macam koleksi perhiasan emas dan berlian lainnya dengan mengunjungi website resmi Mondial Jeweler. Anda juga dapat datang langsung ke toko cabang terdekat di kota Anda.

Toko perhiasan ini mempunyai koleksi yang lengkap karena juga menyediakan berbagai kebutuhan perhiasan untuk wanita dan pria. Dapatkan koleksi cincin berlian pria dengan berbagai mulai dari sederhana hingga yang mewah sekalipun.

SHARE
Previous articleYuk Cek Harga Cincin Emas Sekarang