Mencoba menjaga keselamatan kerja K3 bisa dilakukan dengan banyak cara dan masing-masing perlu dipertimbangkan nilai manfaatnya. Karyawan menjadi salah satu ujung tombak sebuah perusahaan bisa tetap ada di masyarakat. Keberadaan karyawan yang nyaman dengan lingkungan kerja, gaji yang sesuai, dan kebijakan penting lainnya. Menjadikan sebuah perusahaan semakin kuat sebab memiliki karyawan yang loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Memiliki karyawan yang loyal ternyata tidak mudah, semakin banyak kebijakan yang memberatkan karyawan maka menjadikan perusahaan mudah goyah. Selain memperhatikan keselamatan para pekerja K3 selama di jam kerja perusahaan juga wajib memperhatikan hak-hak karyawan. Adapun hak karyawan tersebut adalah :

1. Gaji Yang Sesuai Dan Tepat Waktu

Semua orang yang memiliki status karyawan pasti tidak berkenan menerima gaji terlambat ataupun dibayarkan tidak utuh. Minimnya gaji dan pembayaran yang sering melenceng dari tangan yang seharusnya membuat loyalitas karyawan menurun. Berikan hak karyawan sebab kewajibannya sebagai karyawan pun sudah ditunaikan dan cara ini efektif mempertahankan karyawan.

2. Memberikan Hak Untuk Mengambil Libur

Peraturan dari pemerintah sebenarnya sudah jelas terkait sistem kerja sebuah perusahaan dengan status tertentu. Secara umum semua perusahaan wajib memberikan hak libur kepada karyawannya di luar hari libur nasional. Dalam artian ada jatah libur tahunan yang wajib diberikan semisal cuti hari raya, cuti tahunan yang jumlahnya delapan hari, cuti hamil, cuti pernikahan, dan jenis cuti lainnya. Pemberian hak karyawan ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan karyawan itu sendiri kepada perusahaan. Pemberian hak sesuai dengan jatahnya juga akan membuat karyawan betah bekerja di perusahaan tersebut.

Ketika karyawan mendapatkan apa yang memang menjadi haknya maka kebijakan yang diberlakukan perusahaan akan lebih mudah dipraktekkan. Kebijakan yang tepat akan sulit tersampaikan dan dipahami dengan baik jika hubungan dengan karyawan renggang. Memiliki karyawan yang loyal memang harus seimbang dengan perlindungan kerja dengan pemberian haknya. Memperhatikan segala aspek penting dalam operasional perusahaan memang cukup beragam, termasuk dalam hal pemberian hak keselamatan kerja K3 dan hak-hak lainnya.