Tuberculosis atau TBC terjadi akibat infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis pada area paru-paru. Kemudian bakteri tersebut bisa menyebar ke luar paru-paru hingga area tulang belakang. Hal tersebut kemudian bisa disebut dengan tuberkulosis atau TBC tulang belakang. TBC adalah penyakit menular yang biasanya disebabkan oleh percikan air liur penderita. Meskipun begitu, Anda bisa melakukan beberapa tindak pencegahan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi TBC:

TBC tulang
TBC tulang
  • Melakukan Diagnosa Sejak Dini

Melakukan diagnosa sejak dini menjadi salah satu tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan. Untuk bisa melakukan diagnosa, Anda perlu mengetahui apa saja gejala TBC di tulang. Lalu periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kepastian diagnosanya. Apabila terdeteksi TBC, maka perlu dilakukan pencegahan penularan. Jadi rantai penularan TBC bisa terputus atau tidak menyebar ke orang lainnya.

  • Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal

TBC bisa menular kepada orang lain melalui udara dan percikan air liur dari batuk atau bersin penderita. Risiko penularan tersebut bisa diminimalisir dengan cara membuat sistem ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Pasalnya sistem ventilasi yang buruk bisa membuat bakteri penyebab TBC mengendap lama di dalam rumah hingga menulari orang lain. Selain itu, pastikan pencahayaan rumah juga cukup karena matahari bisa membunuh bakteri penyebab TBC.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu penyebab TBC tulang belakang yaitu rendahnya sistem imun seseorang. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga dan meningkatkan sistem imun. Bukan hanya penyakit TBC saja, sistem imun yang baik juga meminimalisir penyakit-penyakit lain yang disebabkan virus maupun bakteri.

  • Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi semua orang. Pemenuhan asupan karbohidrat bisa membantu mengurangi risiko penyakit TBC. Bahkan karbohidrat juga menjadi makanan yang sangat baik bagi penderita TBC. Hal tersebut lantaran penderita TBC membutuhkan energi untuk bisa melawan infeksi bakteri. Selain itu, karbohidrat yang cukup membuat berat badan penderita TBC tetap stabil.

  • Mengonsumsi Makanan Berprotein

Selain mengonsumsi makanan berkarbohidrat, Anda juga wajib memenuhi kebutuhan protein harian untuk mencegah infeksi bakteri penyebab TBC. Ada banyak sumber protein baik itu nabati maupun hewani yang bisa dikonsumsi. Bukan hanya mencegah TBC saja, protein juga penting untuk berbagai fungsi tubuh.

  • Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah dua sumber makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dari paparan bakteri jahat. Kedua sumber makanan ini memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi. Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga bisa membantu menyehatkan saluran cerna.

  • Melakukan Vaksin

Tindak pencegahan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena TBC adalah melakukan vaksin. Vaksin dianggap efektif mencegah TBC hingga seseorang berumur 35 tahun. Namun sebelum melakukan vaksin, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Mereka akan menyarankan apakah Anda membutuhkan vaksin atau tidak sesuai berdasarkan risiko penyebabnya.

Itulah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan TBC tulang belakang. Penyakit ini memang tidak banyak terjadi, akan tetapi harus dilakukan pencegahan dengan baik. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai pencegahan TBC melalui platform TB Indonesia. Platform tersebut berada di bawah Kementerian Kesehatan dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ada e-konsultasi yang bisa Anda akses untuk melakukan konsultasi secara online. Website yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan informasi dari TB Indonesia adalah www.tbindonesia.or.id