Campak atau biasa dikenal juga dengan penyakit rubella adalah merupakan suatu infeksi yang diakibatkan oleh virus yang sifatnya menular. Indikasi dari terkena campak ini, mudahnya bisa terlihat dari munculnya berbagai ruam kemerahan pada seluruh area tubuh. Dan ruam anak yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani dengan tepat. 

Namun sejatinya, terdapat berbagai cara untuk membantu mengobati penyakit campak ini, agar tidak berdampak semakin buruk. Adapun berbagai cara yang dimaksud untuk mengobati salah satu ruam anak ini adalah sebagai berikut:

  • Menambahkan jam istirahat anak. 

Jika sikecil memiliki waktu istirahat yang lebih banyak, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuhnya akan menjadi bertambah kuat, untuk melawan infeksi virus penyebab campak. Dengan demikian, salah satu cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu menyembuhkan campak kepada sikecil adalah dengan meningkatkan atau menambahkan jam istirahat anak.

ruam anak
ruam anak
  • Memberikan asupan makanan yang bergizi

Makanan yang mengandung gizi seimbang dan juga vitamin, bisa menjadi salah satu penyuplai terbesar untuk mengobati penyakit ruam anak yang satu ini. Meskipun biasanya anak yang terkena campak ini mengalami kurang nafsu makan, namun baiknya terus dipaksakan untuk tetap makan dengan cara diakali dengan makanan yang berbentuk bubur. Dan pastikan juga untuk diperhatikan agar sikecil tidak kekurangan mengkonsumsi air putih, untuk mencegah dehidrasi. 

  • Membatasi kontak fisik anak diluar rumah

Karena mengingat penyakit campak atau rubella ini sifatnya menular, maka ada baiknya untuk anak anda membatasi berbagai aktivitas di luar rumah untuk sementara waktu sampai ia benar-benar sembuh. Selain bisa membantu mempercepat kesembuhan sikecil, dengan mengasingkan sikecil untuk sementara waktu ini juga bisa membantu meminimalisir penularan penyakit campak ini kepada orang lain yang ada disekitar rumah. 

  • Diperbolehkan untuk mandi

Ketika dirasa demam yang diderita sikecil akibat campak ini sudah terlihat menurun, maka anda bisa memandikan sikecil. Karena dengan melakukan mandi, maka dipercaya bisa membantu dalam mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh ruam campak ini. Namun hanya pastikan saja untuk menggunakan jenis sabun yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit, agar tidak memperparah penyakit campaknya.

Dan terlebih pada saat mau mengeringkan tubuh, jangan lakukan secara digosok secara kasar, melainkan cukup tepuk-tepuk saja secara halus. Kemudian setelahnya anda bisa memberikan bedak khusus gatal, yang bisa dioleskan ke seluruh tubuh sikecil. 

Disamping beberapa metode sederhana yang sudah disinggung diatas, berbagai obat tradisional dibawah ini juga sudah banyak terbukti bisa membantu mengobati campak. Dan berikut diantaranya :

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat tradisional yang banyak sekali khasiatnya, dan termasuk bisa membantu mengobati campak secara alami. Dengan mengkonsumsi kunyit, maka bisa membantu untuk mengurangi ruam pada area luar dan dalam tubuh.

Untuk bisa dikonsumsi sikecil, maka anda harus mengambil sarinya saja dengan cara mencuci beberapa kunyit sampai bersih, untuk kemudian diparut dengan campuran air, dan tinggal diperas. Selanjutnya, rebus air perasan kunyit tadi sampai matang dan tuangkan kedalam gelas. Campurkan madu untuk menambahkan rasa manis, lalu aduk sampai merata. 

  • Cengkeh

Obat tradisional lainnya yang bisa membantu mengobati campak adalah cengkeh. Yang mana cengkeh ini memiliki semacam zat anti peradangan, yang terbukti dapat membantu melindungi organ dalam tubuh yang rentan terkena radang akibat campak yang sudah menjalar. 

  • Bawang merah

Orang yang terkena campak biasanya akan disertai dengan suhu tubuh yang meningkat atau demam. Dengan bawang merah, bisa membantu mengatasi demam akibat terpapar campak ini