Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya sang ibu pun dipeluk oleh bayinya dalam pelukannya. Tidak akan ada lagi spekulasi tentang perkembangan janin atau tindakan bayi di dalam kandungan. Kini ibu telah melihat, mendengar semua dan perubahan bayi setiap bulan. Fase perkembangan anak akan berlangsung sangat cepat, berubah secara mencolok dari bulan ke bulan. 

Anda dapat melihat bahwa bayi Anda tumbuh dengan pesat dan berubah dari hari ke hari, terutama di bulan pertama. Dalam beberapa bulan pertama, penglihatan masih belum berkembang sepenuhnya, karena sel saraf otak dan sel mata belum berkembang sepenuhnya. Oleh karena itu, bidang penglihatan anak masih terbatas yaitu pada kisaran 20 – 38 cm. 

Untuk memperlancar perkembangan penglihatan di kedua mata, sebaiknya ibu sering-sering berganti dalam menggendong bayi sambil menyusui. Dengan cara ini, kedua mata bayi Anda akan menikmati rangsangan visual yang sama. Jangan takut untuk menggendong bayi Anda saat berbicara atau menunjukkan ekspresi wajah kepadanya, agar tak sedikitpun terlewatkan dalam fase perkembangan anak.

fase perkembangan anak
fase perkembangan anak

Tonggak Perkembangan Bayi Di Tahun Pertama 

  • Mengangkat kepala

Akhir bulan pertama setelah lahir: bayi cenderung mencoba mengangkat kepalanya sedikit saat diletakkan di tengkurap.

Akhir bulan ke-2: bayi dapat mengangkat kepalanya hingga 45 ° dan meletakkan tangannya di bawah perut saat diletakkan di atas perutnya.

Di akhir usia 4 bulan: bayi dapat mengangkat kepalanya 90 ° saat tengkurap dan mengontrol gerakan kepala dengan lebih baik.

  • Mulai bersuara

Bulan 2: bayi mulai mengeluarkan suara.

Pada akhir bulan ketiga: bayi mulai mengoceh dan berdeguk karena perkembangan pita suara. Pada bulan keempat, bayi mulai berlatih mengucapkan suku kata sederhana seperti “Ah”, “Eh”, “Oh” …

Pada akhir bulan ke-6: bayi mulai merangkai huruf vokal seperti “Aaoo” atau “Eeaa”. Ini juga berlaku untuk konsonan seperti “Mh”, “Dh” dan “Bh”.

Waktu Minum Susu untuk Perkembangan Secara Efektif

Minum susu merupakan salah satu cara yang disarankan dalam fase perkembangan anak, kalsium dan protein dalam susu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Penting untuk memilih produk susu yang menjamin keamanan pangan dan cocok untuk anak-anak daripada membeli produk mahal yang menurut orang tua baik untuk anak-anak mereka.

S-26 NutriSure GOLD merupakan susu yang baik untuk bayi, yang sesuai dengan usia bayi, kebutuhan gizi, membantu bayi agar sehat dan berkembang dengan baik. Para orang tua harus mendasarkan pada faktor-faktor di atas untuk menemukan dan memilih susu yang paling cocok dan terbaik untuk anak-anaknya.